5 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Solo Traveling ke Manado

Oleh Liputan6.com pada 19 Jul 2019, 06:11 WIB
Diperbarui 19 Jul 2019, 06:11 WIB
Bunaken, Keindahannya Bikin Kamu Mau Balik Lagi
Perbesar
Bagaikan sebuah lukisan, Bunaken menebar pesona dari sudut manapun kamu memandangnya (7/9/2014) (Liputan6.com/Faizal R Syam)

Liputan6.com, Jakarta - Manado banyak menjadi pilihan bagi wisatawan lokal maupun asing untuk berlibur.  Pemandangan alam berupa gunung, danau, berbagai panorama laut dengan hamparan pasir putih, serta taman bawah laut yang menakjubkan menjadi daya tarik untuk berlibur ke kota ini.

Beberapa kawasan wisata di ibukota Sulawesi Utara tersebut memang memiliki keindahan alam yang memukau dan memanjakan mata.

Tidak hanya alam, banyak juga wisata Manado yang memberikan pemandangan-pemandangan lain seperti gedung-gedung, dan juga wisata pantai yang bisa dijadikan spot untuk berburu foto yang menarik.

Kalau Anda merencanakan melakukan solo traveling ke Manado, selain pakaian dan uang, pastikan untuk membawa lima perlengkapan wajib ini. Apa saja?

Kamera Anti-air

Solo traveling ke Manado belum lengkap tanpa mengunjungi berbagai pantai dan taman laut dengan spot menyelam terbaik. Berbagai biota laut, seperti terumbu karang dan ikan menjadi pemandangan yang wajib untuk diabadikan.

Jadi, Anda wajib membawa kamera anti-air. Kamera jenis ini memudahkan untuk mendapatkan foto pemandangan bawah laut dengan jelas. Pastikan membawa kamera yang mampu dibawa sampai ke kedalaman laut tertentu.

Selain itu, kamera anti-air juga harus memiliki fitur yang dapat menangkap objek dengan jelas serta responsif ketika kondisi taman bawah laut kurang mendapatkan cahaya.

Perlengkapan Sanitasi dan Tabir Surya

Barang wajib selanjutnya yang harus dibawa saat solo traveling adalah perlengkapan sanitasi, berupa sabun anti-kuman, sikat gigi, sabun pencuci muka, hand sanitizer, dan pembalut.

Anda akan membutuhkan perlengkapan tersebut ketika bertualang mengunjungi satu tempat ke tempat lainnya. Walaupun biasanya sudah disediakan oleh tempat akomodasi menginap, tak ada salahnya membawanya secara pribadi agar lebih nyaman dan aman.

Selain itu, gunakan pula tabir surya agar wajah tidak gosong karena selalu bermain ke pantai. Bawa perlengkapan sanitasi dengan ukuran travel kit agar lebih praktis.

Obat-obatan

Memutuskan solo traveling ke Manado tidaklah mudah. Apalagi jika tidak ada yang menemani. Oleh karena itu, kesehatan merupakan prioritas utama. Untuk mencegah terjadinya penyakit, Anda harus membawa berbagai macam obat-obatan.

Lengkapi koper atau ransel dengan minyak angin; obat mag, batuk, pilek, dan obat anti mabuk. Tambahkan dengan obat spesifik khusus penyakit yang memang diderita.

2 dari 2 halaman

Travel Charger

Kabel charger
Perbesar
Kabel charger (sumber: iStockphoto)

Travel charger merupakan perlengkapan yang kadang terlupakan saat pergi berlibur. Padahal, tanpa travel charger, ponsel pintar dan kamera Anda akan kehabisan baterai.

Tentu saja hal ini akan merusak kesenangan liburan. Apalagi jika berbagai spot foto yang cantik dan keren ada di semua destinasi wisata di Manado.

Liburan akan kurang seru tanpa bisa mengabadikan momen-momen penting saat solo traveling ke Manado dalam bentuk foto dan video. Untuk lebih praktis, lengkapi travel charger dengan power bank. Power bank ini bisa dibawa saat akan bepergian ke destinasi wisata.

Dokumen Pribadi

Dokumen pribadi seperti KTP atau kartu identitas lainnya wajib dibawa saat akan solo traveling ke Manado. Kartu identitas sangat diperlukan ketika akan mereservasi hotel dan tiket pesawat.

Lengkapi juga dokumen pribadi dengan bukti reservasi hotel, tiket transportasi, tiket masuk ke destinasi jika Anda melalukan booking secara online.

Itulah lima perlengkapan selain uang dan pakaian, yang wajib dibawa saat akan solo traveling ke Manado. Untuk memudahkan perjalanan liburan, segera pesan tiket pesawat ke Manado melalui Airy. Dapatkan informasi tiket murah ke Manado dan berbagai kota di Indonesia dengan melakukan cek harga tiket pesawat berkala di aplikasi ini.

Semua transaksi tiket pesawat atau reservasi hotel di Airy sangatlah aman dan bebas dari penipuan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur refund and reschedule untuk mempermudah penggantian jadwal keberangkatan ketika terkendala pada waktu keberangkatan

Lanjutkan Membaca ↓