Sukses

Cara Simpan Tahu supaya Lebih Tahan Lama

Karena punya tingkat kelembaban tinggi, tahu jadi cenderung cepat basi atau menurun kualitasnya

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tahu, angan sebagian orang mungkin langsung tertuju pada deretan kreasi makanan menggugah selera. Di samping mudah dikombinasikan dengan bahan makanan lain, harganya yang terjangkau juga jadi alasan lain kepopuleran tahu.

Produk olahan kedelai ini juga sangat sehat. Sebagai salah satu bahan makanan dengan tingkat kelembaban tinggi, tahu jadi cepat basi atau menurun kualitasnya. Dirangkumkan Fimela.com, berikut cara menyimpan tahu agar tahan lebih lama.

Pertama, pastikan Anda beli tahu yang masih berkualitas baik. Buang air yang tersisa di plastik atau wadah tempat tahu. Selanjutnya, cuci tahu dengan air bersih. Sebagai tambahan, tahu sebaiknya dicuci dengan air matang.

Jika ingin disimpan dalam waktu lama, kukus tahu terlebih dulu sebelum disimpan. Kukus tahu hingga benar-benar matang atau tanak. Angkat tahu yang telah dikukus, diamkan hingga benar-benar dingin.

Lalu, masukkan tahu yang telah dingin ke wadah tertutup, simpan di lemari es. Tahu yang disimpan di lemari es bisa bertahan dua sampai tiga hari. Tapi, jika ditaruh di freezer bahan makanan ini bisa bertahan setidaknya hingga 1 minggu. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.