Sukses

Arti Angka-Angka yang Tercantum di Bawah Kemasan Plastik

Bila diteliti, ada angka-angka di dalam segitiga di bawah kemasan plastik.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda membalik kemasan plastik dan menemukan angka di dalam segitiga? Ternyata, angka itu memiliki arti loh.

Regional Technical Director Coca-Cola Indonesia, Gunawan Mangunsukarjo menerangkan angka yang tercantum di bawah kemasan plastik menunjukkan jenis plastik yang digunakan. Angka yang dipakai hanya 1--7.

"Secara umum di dunia plastik itu dibagi menjadi tujuh jenis," katanya dalam peluncuran Gerakan Plastik Reborn #BeraniMengubah, beberapa waktu lalu.

Angka 1 menunjukkan plastik yang digunakan berjenis polietilen tereftalat (PET). Sifatnya jernih dan tahan terhadap lingkungan sekitar. Contohnya digunakan sebagai botol air mineral.

"Cocok untuk makanan atau minuman," katanya.

Angka 2 menunjukkan plastik HDPE atau high desity polietilen. Sifatnya cenderung lebih kaku dan anti-korosif. Contoh penggunaannya adalah pada kemasan kosmetik atau deterjen.

Angka 3 menunjukkan plastik polivinil klorida (PVC). Jenis plastik ini jadi favorit banyak industri pada era 60an. Belakangan, penggunaan PVC makin dibatasi hanya untuk beberapa fungsi, seperti di barang-barang elektronik dan pipa paralon karena sifatnya yang kaku tetapi bisa juga fleksibel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka 4

Angka 4 menunjukkan plastik LDPE atau low density polietilen. Dibanding HDPE, jenis plastik ini lebih fleksibel dan bisa mulur. Contohnya bisa dilihat pada plastik kiloan yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan.

Angka 5 menunjukkan plastik polipropilen. Sifat material yang terbilang lentur tetapi aman bila bersentuhan dengan makanan/minuman. Contoh penggunaannya adalah sebagai tutup botol.

Angka 6 menunjukkan jenis plastik polistirena. Sifatnya ringan tetapi cukup rapat. Yang paling terkenal dari jenis plastik ini adalah styrofoam. Sejumlah daerah mulai melarang jenis plastik ini karena tidak ramah lingkungan.

Angka 7 menunjukkan jenis plastik lain-lain, termasuk polikarbonat. Penggunaannya beragam, termasuk untuk galon air yang biasa ada di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.