6 Tempat Main Arung Jeram Seru untuk Menantang Nyali, Kamu Berani?

Oleh Putu Elmira pada 28 Jun 2019, 06:05 WIB
Diperbarui 29 Jun 2019, 22:13 WIB
Sungai Asahan

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu pecinta olahraga yang memacu ardenalin? Jika iya, silahkan kamu coba yang satu ini, arung jeram.

Tak hanya seru, aksi arung jeram juga bisa membantu menjalin keakraban. Setiap anggota yang berada di perahu yang sama, dipaksa untuk bahu-membahu agar tidak terbalik dan membahayakan nyawa.

Penasaran mau mencoba, berikut enam tempat main arung jeram seru di Indonesia yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu, 26 Juni 2019.

1. Arung Jeram di Sungai Asahan, Sumatera Utara

Dilansir dari laman resmi asahanforpaddler.com, Sungai Asahan yang berada di Kecamatan Bandar Pulau, Asahan, Sumatera Utara,  dapat menjadi salah satu opsi kamu untuk menguji adrenalin saat bermain arung jeram. Sungai ini menjadi arung jeram terbaik ketiga di dunia setelah Sungai Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat.

Aliran Sungai Asahan sangat deras hingga mencapai 120 meter kubik per detik. Tingkat kesulitan bermain arung jeram di sungai ini mencapai kelas 4-5 dalam skala 1-6. Memiliki tingkat kesulitan kelas dunia, arung jeram Sungai Asahan cocok untuk profesional atau ahli dalam olahraga ini.

Sungai Asahan juga digunakan sebagai tempat perlombaan arung jeram tingkat nasional maupun internasional bagi para profesional. Rute aliran dengan panjang sejauh 22 kilometer ini sangat berbahaya jika bukan profesional yang melakukannya. Tetapi jika tertarik bermain arung jeram di Sungai Asahan ini, Anda dapat mencoba dengan tingkat kesulitan 1-3.

2 of 7

2. Arung Jeram Situ Cileunca Bandung

Situ Cileunca Bandung
Arung Jeram Cileunca Bandung (dok.instagram@cilencarafting/https://www.instagram.com/p/ByeEdWQB706//Devita)

Dilansir dari web resmi cileunca-rafting.com, Situ Cileunca Pangalengan memiliki Sungai Palayangan di Bandung. Kawasan Sungai ini menyediakan arung jeram yang menarik berbagai perhatian. Berlokasi di Jl. Situ Cileunca, Kampung Cibeunying, Desa Wanasari, Pangalengan.

Sungai yang memikat daya tarik wisatawan ini, masuk pada tingat kesulitan kelas 3 -- 4. Sungai ini menyuguhkan keindahan panorama alam yang exotis dengan panjang perjalanan saat bermain arung jeram di Sungai Palayangan sekitar 4,5 kilometer.

Wisatawan akan menyusuri derasnya sungai dengan arus yang stabil serta yang pasti seru dan membuat wisatawan ketangihan. Tidak perlu khawatir jika tidak pernah bermain arung jeram sebelumnya, karena seluruh petugas yang ada di Sungai Cileunca ini sudah terlatih dan berpengalaman.

3 of 7

3. Arung Jeram Sungai Alas di Aceh

Sungai Alas Aceh
Arung Jeram Sungai Alas (dok.instagram@claralizanabila/https://www.instagram.com/p/BwkUWq2hkuP/?utm_source=ig_web_copy_link/Devita

Dilansir dari wisato.id, Sungai Alas merupakan salah satu sungai terpanjang yang terdapat di provinsi Aceh. Sungai Alas menawarkan arus sungai yang deras dan sungai ini memiliki belokan yang tajam dan tentunya pemandangan tepi sungai yang alami dari Taman Nasional Gunung Leuser.

Hampir semua daerah tepi sungai diapit oleh hutan yang masih asri. Sungai Alas yang terletak di 165 km tenggara Takengon, mengalir dan membelah Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh. Sungai ini sangat asyik untuk dikunjungi karena keindahan panorama alamnya berupa hutan tropis, dan perkampungan rakyat tradisional yang ada di sepanjang tepian Sungai Alas.

Sungai Alas memiliki tingat kesulitan kelas 3 – 4, dengan gelombang air yang dapat mencapai 2 meter. Sungai Alas juga menyuguhkan pemandangan indah yang tersaji sepanjang sungai. Jika beruntung, Anda dapat melihat hewan yang sedang turun minum di tepi sungai, seperti monyet, gajah, burung dan rusa.

4 of 7

4. Arung Jeram Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah

Sungai Elo
Arung Jeram Sungai Elo (dok.instagram@elo_rafting/https://www.instagram.com/p/Bw8s-n5DHoS/Devita)

Dilansir dari akun Instagram resmi @elo_rafting, Sungai Elo menjadi salah satu wahana arung jeram yang banyak dikunjungi para wisatawan. Lokasinya di Jalan Borobudur, Kelurahan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Sungai Elo di Magelang sangat cocok untuk Anda yang masih pemula karena tidak terlalu deras airnya. Tingkat kesulitan Sungai Elo untuk arung jeram berada di level 1-3. 

Sungai menyuguhkan perjalanan arung jeram dengan jarak 12 km dengan waktu tempuh sekitar dua sampai tiga jam. Selain tempat arung jeram yang menarik, sungai memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dengan objek wisata Candi Mendut dan Candi Borobudur di Yogyakarta, sehingga setelah bermain arung jeram pengunjung juga dapat mengunjungi tempat wisata tersebut.

5 of 7

5. Arung Jeram Sungai Citarik Sukabumi, Jawa Barat

Sungai Citarik
Arung Jeram Sungai Citarik (dok.instagram@citarikrivercamp/https://www.instagram.com/p/BYXWxZFgbP0/Devita

Dilansir dari akun instragram resmi @citarikrivercamp, Sungai Citarik berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, provinsi Jawa Barat. Sungai Citarik lumayan dikenal di kalangan pecinta olahraga arung jeram. Keunggulan arung jeram Sungai Citarik dikenal karena debit air sungai yang stabil.

Sungai Citarik memiliki tingkat kesulitan arung jeram kelas 3–4, sehingga sangat cocok untuk para pemula yang belum pernah melakukan arung jeram sebelumnya. Sungai Citarik juga menawarkan keindahan pemandangan air terjun yang ada di dekat area arung jeram.

Jika menyukai tantangan, Anda dapat mencoba arung jeram di Sungai Citarik ini karena tempatnya yang tidak begitu ekstrem dan aman untuk dilakukan.

6 of 7

6. Arung Jeram Sungai Ayung, Bali

Sungai Ayung
Sungai Ayung Bali (dok.instagram@antoninho999/https://www.instagram.com/p/BzDVdF4idKi/?utm_source=ig_web_copy_link/Devita

Dilansir dari web resmi ubudbookingrafting.com, Sungai Ayung menjadi salah satu tempat arung jeram yang cukup populer di Bali. Sungai ini banyak dikunjungi oleh beragai turis asing maupun masyarakat lokal.

Berlokasi di Desa Payangan Ubud, Bali, sungai ini menjadi tempat untuk para pencinta olahraga arung jeram. Selain digunakan sebagai tempat arung jeram, sungai ini juga memiliki keindahan alam yang eksotis.

Sungai yang memikat daya tarik wisatawan ini, memiliki tingat kesulitan arung jeram kelas 2– 3 dengan jarak perjalanan sepanjang 12 km. Permainan arung jeram akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam. Arung jeram yang berada di sungai ini sangat cocok untuk pemula karena tingkat kesulitannya yang tidak terlalu tinggi. (Devita Nur Azizah)

7 of 7

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓