Sukses

Wisata Perkampungan di Tengah Rimbunnya Hutan Pinus Pangalengan

Kampung Singkur kini makin populer menjadi tujuan wisata di Pangelangan. Hutan pinus menaungi di sekelilingnya.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda penikmat wisata alam? Jika iya, salah satu tempat wisata di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dapat menjadi opsi pilihan Anda saat berlibur.

Berada di kawasan Hutan Pinus Rahong, Pulosasri, kawasan wisata ini menyuguhkan pemandangan yang sejuk di dekat aliran sungai dengan keindahan hutan pinus. Tak ketinggalan pesona Gunung Tilu Pangalengan yang berada dekat dengan tempat wisata.

Pemandangan pegunungan yang masih asri membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang ke tempat wisata yang bernama Kampung Singkur ini. Sesuai namanya, tempat wisata ini seperti perkampungan di tengah pegunungan yang diapit oleh sungai dengan bebatuannya yang indah lengkap dengan hutan pinus di sekelilingnya.

Berbagai spot foto menarik mulai dari jembatan kayu, rumah penginapan, sungai, serta pohon pinus yang menjadi latar objek foto yang menarik di tempat ini. Wisatawan dapat dengan mudah mengabadikan setiap momen berpetualang di Kampung Singkur, Jawa Barat ini. Kampung Singkur juga menyediakan berbagai fasilitas seperti musala, tempat parkir, dan juga toilet untuk para pengunjung.

Ada juga wahana yang siap menyambut para wisatawan. Salah satu wahana yang menarik yaitu tubing trip. Wahana ini khusus dibuat untuk mengajak wisatawan menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan pohon pinus serta sensasi berada lebih dekat dengan yang dengan alam yang ada di area wisata.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wahana dan Harga Tiket Kampung Singkur

Para pengunjung juga dapat menyewa ban untuk menikmati wahana arung jeram yang menguji adrenalin. Berbagai wahana ini diperuntukan agar wisatawan dapat mengeksplor lebih jauh lagi keindahan sungai di area tempat wisata. Selain wahana permainan air, tempat ini juga memiliki berbagai permainan darat yang cukup menantang seperti flying fox dan paint ball.

Jika wisatawan tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk bermain wahana, pengunjung juga dapat menggunakan hammoucking untuk bersantai di antara pohon pinus sambil menikmati udara yang sejuk serta dinginnya hawa pegunungan.

Kampung Singkur juga menyediakan fasilitas penginapan/camping area untuk pengunjung yang ingin bermalam di area tempat wisata. Pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp250 Ribu per unit untuk ditempati maksimal empat orang.

Setelah mencoba berbagai wahana permainan yang ada wisatawan dapat memanjakan lidah di tempat ini. menu kuliner khas Kampung Singkur serta ditemani suara gemericik air akan menjadi hidangan nikmat. Dijamin wisatawan akan puas menghabiskan waktu bersama keluarga atau kerabat di Kampung Singkur.

Harga tiket masuk tempat wisata Kampung Singkur akan dikenakan tarif sebesar Rp10 ribu per orang tetapi untuk anak usia dibawah 10 tahun tidak dikenakan tarif atau gratis. Sedangkan jika pengunjung ingin menikmati berbagai wahana akan dikenakan biaya mulai dari Rp15 ribu hingga Rp90 ribu per wahana. Harga tersebut tentunya dapat berubah sewaktu–waktu sesuai kebijakan pengelola.

Akses wisata ini cukup mudah dilalui yaitu dengan melewati Jalan Raya Rahong dengan mengikuti petunjuk jalan ke Kampung Singkur. Namun, kendaraan bus besar tidak dapat masuk ke tempat wisata Kampung Singkur. Hanya bus kecil, mobil dan kendaraan roda dua yang bisa parkir di area tempat wisata. Wisata dibuka mulai pukul 08.00--17.00 WIB setiap hari. Saat ada pengunjung yang ingin bermalam, pengelola akan stand by hingga 24 jam.(Devita Nur Azizah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.