Nasib Tragis YouTuber Amerika Serikat Usai Unggah Sederet Pesan Bunuh Diri

Oleh Putu Elmira pada 26 Jun 2019, 20:01 WIB
Diperbarui 26 Jun 2019, 20:16 WIB
Desmond Amofah

Liputan6.com, Jakarta - Seorang YouTuber bernama Desmond Amofah atau yang lebih dikenal dengan panggilan Etika ditemukan meninggal dunia setelah dilaporkan menghilang selama lima hari. Melansir People, Rabu (26/6/2019), kabar meninggalnya Desmond Amofah dikonfirmasi oleh Kepolisian Kota New York pada Selasa, 25 Juni 2019.

"We regret to inform that Desmond Amofah aka Etika has been found deceased. (Dengan sangat menyesal kami memberitahukan bahwa Desmond Amofah alias Etika telah ditemukan meninggal)," tulis NYPD melalui akun Twitter resmi.

Sebelumnya, NYPD melaporkan bahwa YouTuber itu menghilang pada 20 Juni 2019 dengan mengunggah cuitan bahwa Etika terakhir diketahui berkomunikasi melalui telepon pada 19 Juni 2019 sekitar pukul 8.00 waktu setempat.

Sumber mengatakan kepada CNN pada Minggu, 23 Juni 2019 bahwa ransel dan telepon yang diduga miliknya yang hilang ditemukan di Jembatan Manhattan, New York. Lalu pada Senin, 24 Juni 2019, tubuh Desmond dilaporkan ditarik dari East River dekat Pelabuhan South Street.

Para penggemar menyatakan keprihatinan setelah Desmond Amofah mengunggah video yang kini telah dihapus pada 19 Juni 2019 yang mengekspresikan pemikiran bunuh diri.

2 of 3

Berjuang Lawan Gangguan Mental

Desmond Amofah
Desmond Amofah, YouTuber yang juga dikenal dengan nama Etika meninggal dunia di usia 29 tahun. (dok. Instagram @etika/https://www.instagram.com/p/Bw3AbhCBV4j/Putu Elmira)

Desmond Amofah sebelumnya diketahui berjuang soal mental health public yang dimulai pada Oktober 2018, ketika ia menghapus semua video dari akun YouTube pribadi.

Ia juga sempat mengunggah pesan bunuh diri melalui Reddit. Akun YouTuber Desmon dilarang untuk mengunggah konten pornografi dan melanggar pedoman YouTuber lainnya serta Facebook, sedangkan Twitter pribadinya juga tidak aktif.

Saat itu, sang mantan pacar Christine Allice mengungkapkan Desmond masuk rumah sakit jiwa. Lalu pada pertengahan April, Desmond dirawat di rumah sakit setelah mengancam untuk bunuh diri seperti dilaporkan Newsweek.

Dua minggu kemudian, ia ditangkap lagi di Brooklyn setelah menyiarkan secara langsung ancaman untuk bunuh diri di apartemennya. Ia juga membuat tweet tentang senjata nuklir dan mengunggah gambar yang di photoshop menunjuk pistol ke kamera.

Layanan darurat membawanya ke rumah sakit terdekat untuk evaluasi psikiatris, menurut Brooklyn Paper. Pada 1 Mei, Desmond dibawah ke rumah sakit lagi setelah bertengkar dengan seorang polisi.

Desmond mengklaim dua minggu kemudian, petugas memukulnya setelah sang YouTuber memberikan jari tengah.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by