Aksi Ayah Ganti Popok Anaknya di Toilet Umum Tuai Simpati Warganet

Oleh Asnida Riani pada 25 Jun 2019, 20:01 WIB
Ganti popok

Liputan6.com, Jakarta - Ide mengurus anak semata tanggung jawab ibu sepertinya sudah mulai bergeser. Sekarang, tak sedikit ayah ambil andil dalam mengurus anak-anak mereka, tak terkecuali menggantikan popok.

Sayang, gagasan ini sering kali terbentur ketersediaan fasilitas umum. Contoh nyatanya sempat dibagikan seorang ayah bernama Donte Palmer yang harus berjongkok demi mengganti popok sang buah hati lantaran tak ada meja ganti popok di toilet lelaki.

Setelah foto Donte viral, tak sedikit warganet simpati, bahkan para ayah memperlihatkan dukungan mereka dengan turut berpose serupa saat mengganti popok anak mereka di toilet umum.

Di bawah tagar SquatforChange, gerakan ini menuntut persamaan fasilitas di toilet lelaki untuk setidaknya bisa mengganti popok anak mereka. Dengan begitu, para ayah tetap bisa berperan dalam mengurus si kecil.

Sekarang, unggahan dengan tagar tersebut telah mencapai ribuan. Beberapa ayah di keterangan foto mengeluhkan betapa sulit mereka mengganti popok di ruang publik.

"Padahal mengurus anak juga melibatkan ayah," tulis salah seorang warganet.

2 of 3

Curi Perhatian John Legend

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by John Legend (@johnlegend) on

Setelah viral, gerakan ini menarik perhatian tak hanya awam, tapi juga penyanyi dan penulis lagu John Legend. "Sebagian besar ayah pernah berada di tempat umum dan tak ada tempat untuk mengganti popok anak," tulis ayah dua anak tersebut di unggahan di akun Instagram-nya, beberapa waktu lalu.

Bekerja sama dengan Pampers, John dengan senang hati mengumumkan bahwa dalam merealisasikan ide ayah turut mengurus anak didukung dengan menyediakan setidaknya lima ribu meja ganti di toilet lelaki. Baru ada di Amerika Serikat, program ini diharapkan warganet bisa menjangkau negara-negara lain di dunia.

"Akhirnya, tak perlu lagi mengganti popok anak di pangkuan," tutup lelaki 40 tahun tersebut. 

Beberapa perempuan juga menyuarakan bahwa tak semua toilet umum menyediakan meja untuk megganti popok anak mereka. "Semoga gerakan ini membuat toilet umum lebih ramah pada kebutuhan anak dan keluarga," tulis salah satunya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓