Menguak Seseorang Sedang Berbohong dari Gerakan Tangannya

Oleh Asnida Riani pada 24 Jun 2019, 22:05 WIB
Diperbarui 26 Jun 2019, 21:13 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Sekilas, Anda mungkin tak bisa mengidentifikasi apakah seseorang sedang bohong atau tidak. Tapi, bila dilihat lebih saksama, ada tanda-tanda, termasuk gerakan tangan, yang bantu Anda melihat kebenaran perkataan seseorang.

Melansir dari oprahmag.com seperti dirangkum Fimela.com, dalam situasi tidak nyaman, orang dewasa akan berusaha membuat dirinya merasa nyaman. Karenanya, mereka akan menyentuh mulut, mata, telinga, dan hidung untuk mengenyahkan stres maupun rasa cemas bisa jadi karena berbohong.

"Stres memberi efek negatif pada ujung-ujung saraf yang membuat orang merasa gatal," papar Patti Wood, pakar bahasa tubuh dan penulis SNAP Making the Most of First Impressions Body Language and Charisma.

Mata, hidung, telinga, dan mulut adalah organ yang punya lebih banyak ujung saraf. Jadi, bagian-bagian itu jadi paling pertama disentuh. Dari situ, identifikasi berbohong atau tidak bisa dilihat dari gerakan tangan.

Jika tidak menyentuh bagian tubuh tersebut, seseorang sedang berbohong atau dihadapkan pada situasi penuh tekanan cenderung menyembunyikan tangan di bawah meja atau memasukkannya ke dalam saku, entah baju atau celana.

Mengartikan bahasa tubuh memang butuh kepekaan cukup tinggi. Anda tentu tak bisa langsung menuduh seseorang berbohong, tapi patut mewasapai gesture tangan yang disebutkan. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

2 of 2

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓