Sukses

6 Manfaat Luar Biasa Kunyit bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Penuaan Dini

Kunyit tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan apa yang membuatnya luar biasa?

Liputan6.com, Jakarta - Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk bahan masakan. Selain warna dan cita rasanya yang khas, kunyit juga memiliki manfaat yang dapat dijadikan berbagai obat untuk mengatasi masalah kesehatan. Berikut enam manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin, 24 Juni 2019.

1. Senyawa Antiradang Alami

Tidak banyak tahu bahwa kunyit dapat melawan peradangan yang ada di dalam tubuh. Di dalam kunyit terdapat senyawa kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan memberikan efek antiradang sehingga dapat menghancurkan radikal bebas di tubuh.

Kurkumin bisa menekan banyak molekul yang memainkan peran utama dalam peradangan. Kunyit berkhasiat mengurangi rasa nyeri dan peradangan seperti radang sendi artritis, osteoartritis (pengapuran tulang dan sendi), dan artritis rematoid.

2. Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Tubuh

Antioksidan dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Kurkumin yang terdapat di dalam kunyit menjadi salah satu antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya.

Selain itu, kurkumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh dan merangsang pertahanan antioksidan tubuh. Kunyit dapat dijadikan salah satu alternatif agar dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh dengan dijadikan sebagai minuman seperti jamu.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat utama kurkumin di dalam kunyit adalah meningkatkan fungsi endotelium yang merupakan lapisan pembuluh darah Anda. Endotelium merupakan penyebab utama penyakit jantung karena ketidakmampuannya untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya. Kurkumin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan kunyit membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pembekuan darah untuk mencegah serangan jantung.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit yang mengerikan bagi setiap orang. Kanker biasanya ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Manfaat kunyit bagi tubuh bisa didapatkan karena kandungan kurkuminnya yang dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, penyebaran kanker, serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker.

Kurkumin memiliki efek anti kanker dan mampu membunuh sel kanker dan mencegah lebih banyak dari tumbuh. Kunyit dapat diolah dengan mencampurkan sari kunyit kedalam air yang akan diminum.

5. Sebagai Obat Depresi

Kunyit kaya akan karotenoid dan vitamin B. Hal ini membantu untuk meningkatkan kadar serotonin dan juga bahan kimia penting lainnya di otak. Kunyit juga kaya akan polifenol yang dikenal sebagai kurkumin yang sangat efektif dalam pengobatan depresi.

Kurkumin dapat meningkatkan tingkat neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin sehingga membuat pikiran menjadi lebih baik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan kunyit sebagai obat depresi salah satunya dengan menambahkan kunyit ke dalam masakan.

6. Membantu Menunda Penuaan

Kunyit adalah salah satu rempah yang mengandung antioksidan tertinggi pada skala ORAC. ORAC, yang merupakan singkatan dari Oxygen Radical Absorbance Capacity, adalah skala yang mengukur jumlah dan aktivitas antioksidan dalam makanan. Kunyit memiliki antioksidan sangat penting untuk melindungi integritas kulit dengan mencegah radikal bebas dari merusak tekstur dan elastisitasnya.

Antioksidan juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet, salah satu kontributor utama tanda penuaan yang terlihat. Jika ingin kulit tetap kencang, Anda dapat mengonsumsi kunyit yang dapat diolah menjadi minuman maupun ditambahkan ke dalam bumbu pada masakan.(Devita Nur Azizah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.