Kisah di Balik Ibu Pakai Gaun Pengantin ke Pernikahan Anak Tirinya

Oleh Asnida Riani pada 25 Jun 2019, 01:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2019, 00:13 WIB
Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri bahwa busana memegang peran esensial di setiap pesta pernikahan. Beberapa aturan tentang berbusana juga diterapkan beberapa orang. Salah satunya adalah tamu undangan tak boleh memakai gaun pengantin.

Tapi, hal itulah yang malah dilakukan seorang ibu ketika menghadiri pernikahan anak tirinya. Lewat sebuah kicauan di akun Twitter-nya, @AmyPennza, sang pengantin perempuan meceritakan kejadian yang membuat warganet penasaran sekaligus geram tersebut.

"Ibu tiri saya pakai gaun pengantin ke pernikahan saya," tulis Amy, beberapa waktu lalu. Setelah viral dan banyak warganet meminta cerita tersebut dilanjutkan, Amy kemudian memberi penjelasan tentang peristiwa tersebut.

Amy mengatakan, ia tak tahu apa yang bakal dipakai ibunya dan memang tak berniat untuk bertanya. Pagi hari di pernikahan tersebut, Amy sangat disibukkan berbagai persiapan menuju pemberkatan.

"Lalu, ia tiba-tiba masuk (ke tempat pemberkatan) dan saya melihatnya (ibu tiri Amy pakai gaun pengantin)," Amy menuliskan. Saudara perempuan dan teman kampus Amy setelah acara mengatakan sengaja tak berbicara tentang itu karena menyangka Amy terlalu sibuk untuk menyadari hal tersebut.

2 of 4

Bagaimana Kelanjutan Pernikahan Amy?

Ilustrasi
Ilustrasi gaun pengantin. (dok. pexels.com/Dmitry Zvolskiy)

Mendapati ibu tirinya memakai gaun pengantin, Amy berusaha tetap tenang. Ia menegaskan, pemandangan itu tak menganggu jalannya proses pemberkatan. "Saya bisa informasikan tak ada insiden pertumpahan darah di sana," tulisnya.

Amy menjelaskan, ia paham alasan di balik ibu tirinya berlaku demikian. "Jika ingin memahami maksud perbuatannya, Anda harus tahu dari mana asalnya (ibu tiri Amy)," papar sang pengantin perempuan.

Amy memaparkan, ibu tirinya tumbuh besar di keluarga yang sangat-sangat kekurangan. Kebiasaan, terutama terkait uang, secara tak langsung melekat seiring tumbuh dewasa. "Tak peduli seberapa uang yang dihasilkan, dalam titik ini, ia selalu takut semua miliknya akan direnggut," jelas Amy.

"Bagaimanapun, ia (ibu tiri) sangat menghemat uang. Di beberapa waktu saat kumpul keluarga, kami selalu bercerita tentang hal-hal ekstrem yang ia lakukan untuk menghemat uang," sambungnya.

Salah satunya, cerita Amy, adalah saat ibu tirinya berusia 60 tahun dan sangat bersemangat bisa mengklaim sebuah diskon. "Ia sama sekali tak peduli dengan ide bertambah tua," ujar Amy. Ia bahkan membawa sendiri daun mint dan lemon karena menganggap bartender tak bisa membuat mojito yang enak.

3 of 4

Mengapa Pakai Gaun Pengantin?

Ilustrasi
Ilustrasi gaun pengantin. (dok. unsplash.com/@thomasae)

Jiwa tak mau rugi ibu tiri Amy membuatnya tak bisa menolak ketika gaun, bahkan gaun pengantin, bisa didapatkan dengan harga miring. "Kalian tahu, ia hanya tak bisa mengacuhkannya. Itu sudah ada dalam jiwanya," kata Amy.

Kendati demikian, ia menyebutkan bahwa di sisi lain, ibu tirinya sangat baik. Ketika Amy punya anak kembar, ia rela mempir ke rumah di malam hari, tidur di sofa, dan bantu memberi makan anak-anak Amy.

"Ia (ibu tiri) bahkan secara rutin datang ke rumah saya membawakan baju baru untuk anak-anak saya," cerita Amy. Ia menambahkan, ibu tirinya bahkan memberi apapun sebisanya untuk anak-anak Amy karena ia tahu bagaimana tumbuh besar tak punya apa-apa.

Amy menambahkan, ibu sambungnya memang pakai gaun pengantin ke pernikahannya, tapi ia telah berusaha memperbaiki kesalahan tersebut. Ketika kicauannya viral, Amy menghubungi sang ibu tiri takut-takut ia merasa tersinggung.

Tapi, kekhawatiran Amy malah dibalas balasan super santai. "Terserahlah apapun yang membuat saya terkenal," kelakar perempuan 60 tahun-an tersebut.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by