Tas Sekolah dari Tali Rafia untuk Anak Tercinta

Oleh Asnida Riani pada 23 Jun 2019, 03:00 WIB
Diperbarui 23 Jun 2019, 03:00 WIB
Bocah SD
Perbesar
Bocah SD asal Kamboja yang pakai tas sekolah buatan ayahnya. (dok. Facebook @Sophous Suon)

Liputan6.com, Jakarta - Pendidikan adalah satu hal krusial bagi kehidupan seorang anak, lantaran bisa menentukan masa depan mereka. Kendati demikian, berdasarkan laporan United Nations yang dilansir dari Bored Panda, Minggu (23/6/2019), hampir 60 juta anak usia SD tak sekolah.

Satu dari sekian banyak alasannya adalah biaya. Bukan pergi ke sekolah, anak-anak ini malah harus bekerja untuk membantu keluarga mereka, mengumpulkan air, atau mengawasi adik mereka sementara orangtua mencari nafkah.

Perjuangan untuk sekolah bagi anak-anak ini sungguh berat dan hampir tak mungkin tanpa dukungan orangtua. Perbuatan nan menyentuh hati belakangan dilakukan seorang ayah asal Kamboja saat mendukug anak lelakinya mengenyam pendidikan.

Pada sebuah unggahan di akun Facebook milik seorang guru, Sophous Suon, terlihat bahwa sag ayah membuatkan tas terbuat dari tali rafia agar anaknya bernama NY Keng bisa tetap sekolah. Ide kreatif ini merupakan improvisasi ayah Keng karena tak punya uang untuk beli tas sekolah.

Melihat perjuangan yang tak bisa dikatakan enteng tersebut, Sophous segara mengunggah foto tas sekolah tersebut dan tak butuh waktu lama untuk deretan gammbar itu jadi sensasi dunia maya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Mahalnya Harga Tas Sekolah

Bocah SD
Perbesar
Bocah SD asal Kamboja yang pakai tas sekolah buatan ayahnya. (dok. Facebook @Sophous Suon)

Sophous menambahkan di wilayah tempat Keng tinggal, satu buah tas sekolah sederana dibanderol 30 ribu riels atau setara Rp104 ribu, angka dinilai terlalu tinggi bagi orangtua Keng yang berprofesi sebagai petani.

Tak patah arang menghadapi nasib, ayah Keng membuatkan tas sekolah tak kalah menarik untuk anaknya. Dianyam rapi, tas ini dilengkapi pengait agar bisa tertutup dengan baik. Tak lupa tali untuk mempermudah membawanya.

Tindakan ini membuat warganet terharu. Lewat deretan komentar, mereka memuji upaya yang dilakukan ayah Ken dan berharap pendidikan bisa membuat keluarga Keng memiliki taraf hidup lebih baik di masa mendatang.

Beberapa di antara mereka bahkan melakukan aksi nyata dengan menghubungi Sophous dan meminta kontak keluarga Ken atau sesederhana alamat sekolah untuk mengirimkan tas dan kebutuhan sekolah lain untuk Keng.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya