Sukses

Dusun Eksotis yang Jadi Tempat Wisata Viral di Jawa Tengah

Bangunan serupa stupa Candi Borobudur jadi yang paling menarik perhatian di dusun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda penikmat wisata? Jika iya, salah satu tempat wisata di Semarang, Jawa Tengah, ini bisa jadi opsi lain. Tengah viral, destinasi yang belum lama dibuka ini memukau lewat gaya bangunan berdesain unik. Dusun Semilir, namanya.

Berlokasi di Jl. Soekarno Hatta no.49, Bawen, Semarang, dusun ini merupakan kawasan wisata yang memadukan kekayaan kuliner, pusat oleh-oleh, warisan budaya Indonesia dan kerajinan lokal.

Sesuai namanya, tempat ini menyuguhkan suasana sejuk seperti di pedesaan, namun tetap dikemas dengan gaya kekinian. Arsitektur bangunan yang unik menyerupai stupa Candi Borobudur sukses membuat banyak orang penasaran dan berbondong-bondong berkunjung.

Meski terbilang cukup baru, bukan tak mungkin Dusun Semilir bakal jadi ikon wisata kota Semarang. Bagaimana tidak, antusiasme masyarakat sudah melebihi target walau pembangunannya baru seleai tahap satu.

Rupa bangunan yang Instagrammble membuat banyak orang ingin berfoto dan mengunjungi tempat wisata ini. Ditambah rute lokasi yang mudah diakses dan fasilitas lengkap, tempat wisata ini cukup unggul.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas di Wisata Dusun Semilir

Wisata Dusun Semilir memiliki fasilitas yang lengkap seperti spot foto yang menarik. Para pengunjung yang datang dapat berfoto di salah satu sudut paling populer, yaitu jembatan senggol. Jembatan dengan desain modern-tradisional ini dilengkapi ornamen kayu unik.

Selain tempatnya yang Instagrammable, Jembatan senggol juga dipadati penjual kuliner di ruas kiri-kanan jalan seperti penjaja kue putu, sosis bakar, cilok, tempe mendoan, cumi bakar, es teh, dan es krim.

Tapi, jika menginginkan makanan lebih mengenyangkan, pengunjung bisa mengunjungi Sepoi Sepoi Resto di ujung jalan. Berbagai macam kuliner bisa dinikmati di sana seperti Jamblangan, tahu bandungan, soto sapi, gado-gado, beragam minuman, dan aneka jajanan tradisional.

Setelah puas dimanjakan kemegahan bangunan dan berbagai kuliner, pengunjung juga dapat berbelanja di pusat oleh-oleh. Barang-barang yang siap dibawa pulang adalah batik, tas, dan ragam aksesori lain.

3 dari 3 halaman

Tata Tertib dan Harga Tiket Wisata Dusun Semilir

Dusun Semilir memiliki beberapa peraturan yang harus ditaati, yaitu harus menjaga kebersihan, merokok di tempat yang sudah disediakan, dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, dilarang membawa hewan peliharaan, dilarang memetik bunga atau tanaman di sepanjang area, merawat fasilitas yang ada, dan mengantre dengan tertib.

Dusun Semilir nantinya akan dilengkapi sungai buatan, miniatur kampung Eropa, mini zoo, danau buatan, glamping, resort, outbound, dan ragam area permainan seru. Seiring waktu, spot untuk pengunjung berfoto ria akan terus ditambah di Dusun Semilir.

Harga tiket masuk Dusun Semilir terbilang cukup murah, yakni Rp5 ribu perorang. Jika ingin menikmati berbagai kuliner yang ada di sini, pengunjung diwajibkan top up minimal Rp50 ribu dan dapat digunakan bersama. Top up juga dapat dikembalikan 100 persen tanpa potongan apapun jika tak melakukan pembelian apapun.

Tarif parkir wisata Dusun Semilir Rp2 ribu untuk sepeda motor, Rp5 ribu untuk mobil, dan Rp20 ribu untuk bus. Tempat wisata Dusun Semilir dibuka setiap hari, Senin-Jumat pukul 09.30--21.00 WIB, sedangkan Sabtu dan Minggu pukul 09.30--22.00 WIB. (Devita Nur Azizah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.