Pesta Makan Akhir Pekan, Ini 6 Menu Olahan Ayam yang Bikin Ngiler

Oleh Putu Elmira pada 23 Jun 2019, 05:00 WIB
Diperbarui 23 Jun 2019, 05:00 WIB
Ayam goreng mentega

Liputan6.com, Jakarta - Bila menghabiskan akhir pekan di rumah saja, Anda bisa manfaatkan dengan mencoba menu baru atau menu favorit di dapur. Salah satu menu yang mudah ditemui bahannya dan mudah diolah ialah ayam.

Menu ini menjadi favorit banyak orang pecinta daging. Dengan olahan yang tepat dan bumbu yang lezat, akan terasa nikmat dimakan dengan sepiring nasi panas. Berikut enam menu olahan ayam yang bikin ngiler dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber. Selamat mencoba!

1. Ayam Mentega

Aroma mentega yang berubah menjadi karamel menggoda indera penciuman siapa saja yang melewatinya. Ayam mentega menjadi menu olahan yang mudah dibuat untuk akhir pekan.

Dengan paduan bahan seperti bawang putih, saus tiram, bawang bombai, dan tentunya mentega menciptakan aroma harum yang luar biasa. Apalagi, bila Anda nikmati dengan sepiring nasi panas.

Kuah mentega yang meresap ke dalam ayam menciptakan olahan ayam yang gurih. Anda juga bisa menambahkan telur mata sapi untuk menjadi pendamping olahan ayam ini.

 

 

Ayam rica-rica
Ayam rica-rica. (Foto: Kokiku Tv)

2. Ayam Rica-Rica

Rasa pedas nan gurih langsung terbayang bila memikirkan ayam rica-rica. Menu ayam yang satu ini menjadi salah satu primadona olahan ayam.

Pecinta pedas pastinya tak akan ketinggalan untuk mencoba memasak sendiri ayam rica-rica ini. Rasa khas rempah seperti sereh, jahe, dan lengkuas tak boleh ketinggalan dalam menu ini. Apalagi cabai yang sudah racik dengan bumbu lainnya yang membuat rasa ayam rica-rica menjadi mantap betul.

3. Ayam Kecap

Tak begitu suka makanan pedas, olahan ayam kecap bisa menjadi pilihan. Ayam dimasak dengan berbagai bumbu dengan banyak kecap hingga meresap. Ayam akan berubah warna menjadi coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam. Rasa manis dan gurih pastinya akan membuat ketagihan. Olahan simpel ini cocok dijadikan lauk makan di akhir pekan Anda.

2 dari 3 halaman

4. Ayam Krispi

Ayam Goreng
Ayam goreng krispi (dok. Bertolli/Fairuz Fildzah)

Tak perlu membeli ke restoran cepat saji, Anda pun bisa membuat sendiri olahan ayam krispi. Apalagi, dengan bahan utama berupa tepung ayam yang mudah ditemukan dimana-mana. Bila menyukai pedas, Anda pun bisa mengekreasikannya dengan berbagai macam sambal, seperti membuat sambal untuk ayam geprek, sambal bawang, atau pun sambal lainnya sesuai selera Anda.

5. Ayam Goreng Gochujang

Pecinta K-pop dan K-drama harus coba olahan menu yang satu ini. Ayam goreng gochucang ini rasanya bak diimpor langsung dari Korea Selatan.

Dengan bahan utama saus gochujang, ayam digoreng krispi lalu dimasak dengan berbagai bumbu. Namun, hati-hati bagi Muslim karena gochujang buatan pabrik Korea biasanya mengandung alkohol. Sebagai gantinya, Anda bisa mencari gochujang halal.

6. Ayam Goreng Saus Salted Egg

Menu olahan ayam lain yang bisa Anda coba ialah ayam goreng saus salted egg atau telur asin. Rasa khas asin nan gurih bisa menggoyang lidah siapa pun yang mencobanya. Bila Anda ingin membuat menu yang sedikit berbeda namun simpel, coba ayam goreng saus salted egg yang hits ini! (Fairuz Fildzah)

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Panduan New Normal di Kehidupan Sehari-Hari