Beda Manfaat Olahraga pada Pagi dan Sore Hari

Oleh Putu Elmira pada 23 Jun 2019, 07:03 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 15:51 WIB
Ilustrasi Lari

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga menjadi salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh di tengah padatnya aktivitas. Setiap orang pun memiliki preferensi berbeda untuk memilih berolahraga pada pagi atau sore hari.

Tak sedikit yang menyarankan olahraga sebaiknya dilaksanakan pada pagi hari, sementara banyak pula yang tak dapat melakukan hal itu karena terbentur rutinitas yang tak dapat ditinggalkan.

Lantas, manakah waktu yang paling baik untuk olahraga? Sayangnya, baik olahraga pagi atau sore tidak dapat dibandingkan. Keduanya mempunyai efek kesehatan pada tubuh sendiri.

Fimela.com menulis, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Copenhagen The Faculty of Health and Medical Sciences menemukan bahwa efek olahraga pagi dan sore hari memiliki efek kesehatan yang berbeda.

Tahukah Anda, olahraga pagi dapat meningkatkan respons metabolisme tubuh terhadap otot rangka, sedangkan olahraga sore mampu meningkatkan energi tubuh untuk disimpan dan digunakan dalam jangka panjang.

2 dari 3 halaman

Olahraga Pagi vs Sore

Ilustrasi Lari
Ilustrasi lari (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Olahraga pagi merupakan waktu yang sangat baik jika Anda ingin membentuk tubuh dan memperbaiki metabolisme. Sementara olahraga sore hari sangat baik jika Anda ingin melatih stamina dan ketahanan tubuh agar tak mudah lelah.

Peneliti menemukan perbedaan tersebut ternyata disebabkan oleh jam ritme sirkardian tubuh, yakni proses alami yang terjadi di dalam tubuh untuk mengatur jam-jam biologis tubuh.

Olahraga pagi merangsang gen dalam sel otot sehingga lebih mampu memetabolisme gula dan lemak, seperti dijelaskan peneliti, Jonas Thue Treebak.

Memiliki efek kesehatan yang berbeda, maka dari itu, olahraga pagi dan sore hari dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓