Sukses

Bocah 11 Tahun Makan Nasi Sehari 5 Kali untuk Menyelamatkan Sang Ayah

Seorang bocah berusia 11 tahun berniat menjadi donor transplantasi sumsum tulang bagi ayahnya yang menderita leukimia.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang anak lelaki berusia 11 tahun makan setidaknya lima kali sehari untuk menyelamatkan ayahnya dari leukimia. Ayah Lu Zikuan, yang didiagnosis tujuh tahun lalu, membutuhkan transplantasi sumsum tulang.

Dilansir dari Skynews.com, Jumat (21/6/2019), Zikuan, dari Xinxiang di Tiongkok, adalah satu-satunya pasangan dalam keluarganya, tetapi perlu menambah berat badan sebelum prosedur transplantasi sumsum tulang dapat dilanjutkan.

Dokter mengatakan ia harus menimbang berat badannya setidaknya 45 kg, sebelum ia bisa menjadi donor, dan berat ideal adalah 50 kg. Namun, saat keluarganya diberitahu, berat Zikuan hanya 30 kg.

Saat ini ayah Zikuan, Lu Yanheng, sedang dirawat di rumah sakit dengan obat-obatan sampai kesehatannya memburuk Agustus lalu dan dia membutuhkan transfusi darah. Satu-satunya pilihan jangka panjangnya adalah transplantasi sumsum tulang, kata dokter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menambah Berat Badan

Untuk menambah berat badannya, Zikuan makan daging berlemak dengan nasi, dan sekarang beratnya 43 kg. Ibunya bekerja di toko kelontong.

Ketika Zikuan mulai menambah berat badan, beberapa teman sekelasnya mengolok-olok dan memanggilnya "gemuk" (pangzi). Gurunya, Zhao Meng-meng meminta agar tak lagi menyebut Zikuan gemuk, setelah mengetahui mengapa tubuh Zikuan makin membesar.

Zikuan mengatakan ia tak marah disebut gemuk. "Selamatkan ayah dulu, turunkan berat badan nanti," katanya kepada media setempat.

Sekolah ikut menggalang dana untuk membantu keluarga Zikuan. Orang-orang di media sosial tersentuh oleh ceritanya. Kongwei Wizard mengatakan bahwa ia memikul, "Tanggung jawab besar di usia yang masih muda. Kamu luar biasa."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.