Sukses

Ingin Berwisata ke Thailand? Siapkan Dulu 5 Hal Ini

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berwisata ke Thailand? Salah satunya menyiapkan daftar belanja.

Liputan6.com, Jakarta - Berpergian atau traveling ke luar negeri memang sangat menyenangkan. Tak harus jauh-jauh ke negaraEropa atau Amerika, di Asia pun banyak tepat wisata menarik, termasuk di Thailand.

Negara tetangga Indonesia ini memang banyak diminati para pelancong dari berbagai negara di dunia. Di sana ada aneka kuliner, fashion dan destinasi wisata yang sangat menarik dan tak bisa didapatkan di tempat lain.

Kebudayaan mereka juga banyak menampilkan hal menarik. Seperti saat pelantukan Raja Baru Thailand Maha Vajiralongkorn pada awal Mei 2019. Sang Raja diarak keliling ibu kota Bangkok dengan tandu emas, oleh para prajuritnya.

Namun seperti biasa, Anda harus mempersiapkan kebutuhan sebelum mengunjungi Thailand. Dilansir dari Dream dan Times of India, berikut enam hal yang harus Anda perhatikan dan persiapkan.

Tiket

Tentu Anda harus mempersiapkan tiket pesawat terbang. Tarifnya sebenarnya termasuk murah, tapi harga ket pesawat ke Thailand bisa melonjak tinggi di musim liburan. Jadi, sebaiknya Anda sudah memesan dan membeli tiket dari jauh-jauh hari.

"Tabung dari sekarang, nanti cari tiket yang promo. Jadi sisa uangnya bisa buat biaya transport seperti taksi, tuk-tuk, kebutuhan belanja dan makan supaya uang kita tak cepat habis," tutur travel influencer Mega Iskanti, dilansir dari Dream, 8 Juni 2019.

Pakaian Nyaman

Thailand merupakan negara dengan iklim panas yang hamper sama dengan Indonesia. Sebaiknya Anda membawa pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Pilih bahan tipis agar tidak memberatkan koper.

"Kalau pergi ke Bangkok nggak perlu banyak bawa baju. Beli disana saja karena banyak yang murah, jadi sekalian belanja juga kan. Paling tinggal bawa kerudung buat yang berhijab," ucap Mega.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biaya Cadangan

Anda harus selalu menyiapkan uang cadangan untuk kebutuhan darurat. Lalu, sisihkan juga jatah uang belanja agar tidak terlalu boros.

"Kalap itu selalu terjaid pada wanita, apalagi mereka tidak berekspektasi kalau di Thailand bisa semurah dan sebanyak itu pilihannya. Jadi harus siapkan dana ekstra untuk berjaga-jaga," terang Mega.

Daftar Belanja

Perhatikan barang belanjan Anda. Jangan sampai kalap dan belanja melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan maskapai penerbangan. Tak ada salahnya membuat daftar barang belanjaan apa saja yang ingin Anda beli.Batas maksimal belanjaan untuk setiap orang adalah 500 dolar AS .

Kalau ingin berbelanja lebih banyak, Anda bisa membawa teman traveling agar jatah belanja bisa lebih banyak. Cara ini sangat berguna buat Anda yang hobi buka jasa titip.

Transportasi

Thailand punya berbagai moda transportasi yang bisa Anda pilih seperti MRT, bus umum, taksi sampai kendaraan tradisional tuk-tuk.

"Kalau taksi bandara biasanya punya rate sendiri jadi sudah fix. Beda dengan tuk-tuk, biasanya memang dia nembak langsung, jadi harus pintar-pintar nawar," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.