Sukses

Minta Donasi demi Keliling Afrika, Pasangan Selebgram Diolok-olok Warganet

Donasi yang diminta untuk membiayai pasangan selebgram berkeliling Afrika itu mencapai Rp 161 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Sepasang selebgram asal Jerman jadi olok-olokan warganet setelah meminta donasi demi membiayai rencana perjalanan mereka ke Afrika. Jumlah donasi yang diminta tak tanggung-tanggung, yakni 10 ribu Euro atau setara Rp 161 juta.

Dilansir laman New York Post, Selasa (18/6/2019), pasangan bernama Cat dan Elena yang memiliki akun Instagram Another Beautiful Day itu berencana memulai perjalanan ke Afrika pada akhir Juli 2019. Mereka berencana bersepeda tandem dari pertengahan Jerman menuju Afrika, atau bahkan lewat dari itu.

Untuk itu, keduanya membuka penggalangan donasi lewat laman GoFundMe. Mereka tak memberi penjelasan spesifik tentang destinasi yang akan dikunjungi, tetapi hanya menyebut perjalanan itu sebagai perayaan kehidupan.

"Kami ingin membawa Anda semua dalam petualangan besar ini," tulis pasangan tersebut dalam akun Instagram mereka, Minggu, 9 Juni 2019.

Mereka berencana akan menyeberangi pegunungan, melintasi lautan, serta perkotaan, disertai embel-embel janji manis untuk menunjukkan keindahan Bumi dan para penduduknya. Donasi yang diperoleh akan dibelikan sepeda dan peralatannya untuk berkeliling Afrika.

Tak hanya itu, mereka juga akan meminta donasi untuk membiayai makanan, akomodasi, internet, kartu SIM di semua negara, asuransi, dan dana darurat. "Kami berharap Anda bisa menikmati dan belajar dengan kami," tulisnya sebelum menutup kalimat dengan pernyataan, "Bersama kita bisa buat perbedaan.".

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olokan Datang

Sejak mengunggah penggalangan donasi itu, pasangan selebgram tersebut banyak mendapat olokan dari warganet, termasuk anggapan sebagai narsis. Ada juga yang menyuruh mereka bekerja demi mewujudkan mimpi itu.

"Kamu ingin orang-orang mendanai gaya hidupmu hahaha menyedihkan. Cari kerja dan dukung dirimu sendiri. Kamu makhluk narsis. Kamu bahkan tidak menggalang dana untuk tujuan baik. Kamu hanya meminta orang-orang mendanai liburanmu," tulis seorang warganet di kolom komentar.

Menanggapi banyak kritikan, Cat berusaha meredam komentar negatif dengan membela diri. Ia menyebut permintaan itu sebagai keberanian untuk meminta dan menerima bantuan.

Ia juga mengaku saat ini masih dibiayai ibunya yang bekerja di dua tempat sekaligus. Meski begitu, ia tak mendapat banyak uang.

"Beberapa orang dengan cepat menghakimi dan berbicara. Pada momen ini kami tak punya banyak (uang), kami menerima uang dari ibuku dan donasi, tetapi kami tak menutupinya. Situasi ini mengajarkan banyak hal," tulisnya yang disertai tagar Trying To Do Something Bigger.

Unggahan tersebut rupanya membuat kritikan semakin menjadi-jadi. Hingga kini, usaha menggalang dana untuk perjalanan ke Afrika tersebut baru terkumpul 220 Euro atau sekitar Rp 3,5 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.