Sukses

5 Fakta Unik Kangkung, Benarkah Bisa Bikin Mengantuk?

Benarkah makan kangkung bisa bikin kita mengantuk? Simak lima fakta unik kangkung berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sayur menjadi salah satu makanan pokok yang dibutuhkan oleh manusia. Kandungan vitamin dan mineralnya membuat sayuran seperti kangkung dapat mencukupi kebutuhan gizi per harinya.

Bagi Anda yang menjalani diet atau pola hidup dan pola makan sehat, menyantap berbagai sayuran tentu jadi salah satu menu wajib.Kangkung sebagai salah satu jenis sayuran merupakan bahan alami memiliki banyak kandungan menyehatkan di dalamnya.

Dilansir dari researchgate, sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan kangkung meliputi vitamin A, vitamin C, dan protein yang sangat tinggi. Meski begitu ada beberapa mitos seputar kangkung yang masih sering kita dengar dan mungkin masih banyak dianggap benar.

Sebut saja mitos kangkung dapat menyebabkan kantuk atau menyebabkan sakit perut.  Sekadar mitos atau memang fakta? Berikut lima fakta menarik tentang kangkung yang mungkin belum Anda ketahui.

Makanan Terlarang

Di Amerika Serikat (AS) terutama di negara bagian Texas, kangkung dianggap tanaman terlarang. Tanaman kangkung masuk dalam daftar "Ikan Eksotis, Kerang, dan Tumbuhan Akuatik yang Berbahaya atau berpotensi Berbahaya" sejak 1990.

Kangkung juga termasuk dalam daftar gulma di Departmen Pertanian di AS. Di sana beberapa kali ada kejadian keracunan pada saat memakan kangkung, sehingga peredarannya diatur dengan ketat.Departmen tersebut juga melarang adanya distribusi jual-beli kangkung di AS.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Banyak mitos mengatakan bahwa kangkung dapat menyebabkan sakit perut. Padahal kalau dikelola dengan benar tidak akan menimbulkan sakit perut. Kangkung justru bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Kanker

Sebuah penelitian membuktikan kalau kangkung dapat menurunkan tingkat kolesterol. Jadi cocok untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Kangkung juga mengandung 13 jenis senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan ini berguna untuk melawan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh.

Mencegah Sariawan

Kandungan vitamin C pada kangkung bisa mencegah penyakit sariawan, hingga gusi berdarah. Anda hanya perlu mengunyah daun kangkung yang sudah dibersihkan. Daun kangkung ini juga mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh kuman pada gigi dan mulut.

Tidak Menyebabkan Kantuk

Mitos lain bilang bahwa kangkung dapat menyebabkan kantuk. Padahal itu hanya sekadar mitos. Kangkung mengandung zat bernama kalium.

Makanan yang tinggi kalium dapat mengurangi tekanan darah dan memberi efek kantuk. Namun jika dimakan sewajarnya kangkung tidak berpotensi untuk membuat kantuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.