Sukses

Rambut Komposer Beethoven Siap Dilelang Setara Rp 270 Juta

Rumah lelang Sotheby akan melelang rambut komposer Ludwig van Beethoven.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah lelang Inggris Sotheby berencana menjual rambut Ludwig van Beethoven yang dipotong sendiri oleh komposer Jerman dan diberikan kepada seorang teman pianis pada 1826.

Dikutip dari Reuters, harga rambut  Beethoven tersebut diperkirakan mencapai 15 ribu pound atau 19 ribu dolar AS, setara Rp 270 juta. Direktur Buku dan Manuskrip Sotheby, Simon Maguire, mengatakan itu harga penjualan bisa lebih mahal.

"Sudah ada cukup banyak minat," katanya.

Ketika menceritakan kisah di balik benda itu, Maguire mengatakan pianis Austria Anton Halm telah meminta seikat rambut untuk diberikan kepada istrinya sebagai kenang-kenangan. Namun, pelayan Beethoven malah mengirim rambut kambing, hingga membuat komposer marah.

"Dan dia kemudian memberi (Halm), di selembar kertas, seikat rambut yang dia potong sendiri dari belakang kepalanya (Beethoven). Dan dia mengatakan, yang ini setidaknya Anda bisa yakin itu asli," kata Maguire.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rambut Asli

Halm kemudian memberikan rambut kepada seorang murid, Julius Epstein, yang adalah profesor piano di Konservatorium Wina. Keasliannya juga dikonfirmasi oleh Alexander Wheelock Thayer, penulis biografi Beethoven yang pertama, tambah Maguire.

Sebelumnya, Sotheby pernah melelang rambut Beethoven yang lebih kecil, diambil di ranjang kematiannya setahun kemudian, pada 1827, serta rambut sesama komposer Frederic Chopin dan Wolfgang Amadeus Mozart dan pahlawan angkatan laut Inggris Horatio Nelson.

"Yang ini (akan dilelang pada hari Selasa) tidak biasa karena memiliki cerita awal yang sangat substansial," kata Maguire, menambahkan bahwa rambut lain yang dijual dalam lelang sebagian besar telah dikurangi menjadi beberapa helai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.