Sukses

Termahal di Dunia, Durian Kanyao Terjual Rp 682 Juta

Harga durian tersebut mengalahkah rekor tahun sebelumnya yang mencapai Rp 363 juta. Apa keistimewaannya?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah durian berhasil terjual 48 ribu dolar AS atau sekitar Rp 682 juta dalam sebuah lelang di Thailand. Varietas kanyao -yang merupakan durian termahal di dunia- menarik perhatian puluhan pecinta durian dalam sebuah acara di Nonthaburi, Thailand tengah, baru-baru ini.

Dilansir dari laman Chanel News Asia, Senin (10/6/2019), Panitia menyatakan durian termahal itu dipanen sehari sebelum lelang berlangsung dari sebuah perkebunan dengan harga minimum per buah adalah 20 ribu baht atau setara Rp 9 juta.

Acara tersebut menampilkan setidaknya sembilan durian yang dibawakan para model di atas bantal beludru merah dan emas. Durian itu terdiri dari jenis Montong, Kanyao, dan Kop Med Tao yang masing-masing seharga lebih dari 300 ribu baht atau setara Rp 136 juta.

Khusus untuk durian mahal, yang memiliki ukuran, bentuk, dan tingkat kematangan yang sempurna, harganya mengalahkan rekor sebelumnya senilai 800 ribu baht atau setara Rp 363 juta. Durian tersebut terjual di Festival King of Durian 2019.

Pemilik kebun durian Pa Toi Lung Mu, Maliwan Han Chai Tai mengaku sudah menduga durian hasil produksinya merupakan buah yang spesial. Namun, ia tak menyangka harganya menjadi sangat tinggi.

"Saya memprediksi harganya satu juta baht, jadi ketika terjual lebih tinggi, itu sangat baik," ujarnya.

Ia berharap penawar yang berhasil mendapatkan durian mahal itu bisa menikmatinya. "Varietas ini (kanyao) paling sedap di dunia dan kami akan terus menumbuhkannya."

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Kanyao

Durian kanyao yang termahal di dunia itu berhasil didapatkan seorang pengusaha lokal kaya. Sejumlah 4,5 juta baht atau sekitar Rp 2 miliar berhasil dikumpulkan dari pelelangan tersebut.

Selanjutnya, uang yang terkumpul akan diserahkan kepada para petani serta didonasikan untuk membeli peralatan kesehatan untuk rumah sakit.

Durian kanyao berasal dari daerah spesifik di Nonthaburi, sekitar 65 kilometer di utara Bangkok. Durian yang dianggap terbaik di dunia itu memiliki rasa manis dan tekstur yang creamy.

Durian kanyao sempat tersapu habis akibat banjir bandang beberapa tahun lalu. Namun, kebun tersebut salah satu tempat yang bisa menanam durian itu lagi.

Buah durian utuh biasanya dijual di Thailand sekitar 500 bath atau sekitar Rp 227 ribu atau bahkan lebih, tergantung pada berat buahnya. Tetapi di perkebunan tersebut, harga durian mulai 20 ribu bath per buah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.