Pentingnya Perawatan dan Mengikis Rasa Takut ke Dokter Gigi

Oleh Liputan6.com pada 17 Jun 2019, 07:38 WIB
Diperbarui 17 Jun 2019, 07:38 WIB
Perawatan Gigi
Perbesar
Perawatan gigi. (foto: Instagram @siwak_dental)

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang penting dilakukan bagi setiap orang baik tua maupun muda, laki-laki dan perempuan. Selain dengan rajin gosok gigi dan pakai obat kumur, penting juga untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Kenapa harus periksa gigi? Pemeriksaan gigi dan mulut oleh dokter gigi bisa mendeteksi dan mengobati berbagai gangguan yang umum menyerang area mulut. Misalnya, gigi berlubang (karies) dan penyakit gusi..Banyak orang tidak sadar akan masalah gigi dan mulut yang dialami.

Mereka baru mengeluh saat penyakit dari efek masalah itu datang. Padahal, semakin dini penyakit terdeteksi, perawatan akan semakin sederhana, biaya semakin murah, risiko sakit akan semakin kecil. Orang dewasa disarankan untuk periksa gigi rutin tiap 6 bulan sekali.

Namun, kalau ada keluhan pada gigi dan mulut, Anda disarankan untuk langsung datang ke dokter gigi. Kalau memiliki gangguan metabolisme atau penyakit sistemik dan berisiko mengalami penyakit gigi dan mulut, Anda akan dianjurkan untuk periksa gigi setiap 3 bulan sekali.

Anak-anak juga disarankan untuk rutin cek gigi setiap 6 bulan sekali, mulai dari usia 6-7 bulan ketika gigi susu pertama mereka sudah tumbuh, Selain untuk kontrol berjangka, ini juga bertujuan untuk mengenalkan anak terhadap dokter gigi, sehingga nantinya mereka tidak takut jika sewaktu-waktu butuh prosedur dental.

Salah satu klinik gigi di Jakarta yang bisa Anda kunjungi adalah Siwak Dental Clinic yang berlokasi di Jalan Pakubuwono VI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Meski baru beroperasi pada Februari 2019, klinik yang satu ini sepertinya sudah jadi favorit warga Jakarta dan sekitarnya. Suasana dan tempatnya yang nyaman serta pelayanannya membuat kita merasa betah, dan mereka yang biasanya takut datang ke dokter gigi mungkin akan merasa sebaliknya.

“Biasanya banyak orang takut datang ke dokter gigi, apalagi kalau langsung masuk ke ruangan praktek atau perawatan. Makanya kalau pasien datang kita aja ngobrol dulu, keluhannya apa dan setelah semuanya jelas baru kita lakukan tindakan seperti apa,” terang Drg.Sila Happy Muriana,SpKG,MARS dari Siwak Dental Clinic.

2 dari 2 halaman

Mengedukasi Pasien

Perawatan Gigi
Perbesar
Drg.Sila Happy Muriana,SpKG,MARS dari Siwak Dental Clinic. foto: istimewa

Menurut Drg Sila, mereka punya semua jenis perawatan gigi tapi yang jadi andalan adalah Dental Spa dan perawatan estetik yang memang banyak digemari.

"Dengan dental spa, kita sebenarnya mengedukasi pasien tentang kenapa gigi bisa rusak dan cara menanganinya. Jadi bukan hanya membersihkan karang gigi dan plak sisa makanan yang menempel di gigi yang susah dibersihkan dengan sikat gigi biasa," ucapnya.

"Kita ingin bisa terjangkau sama masyarakat banyak. Selain ada semua jenis perawatan gigi, pasien kita juga beragam, mulai dari anak kecil atau bayi sampai dewasa," sambungnya. Menurutnya, kunci utama pertumbuhan gigi justru sejak usia anak masih sekitar enam bulan terutama di gigi susu.

"Pertumbuhan gigi tetap bisa tidak rapi karena gigi susu rusak atau tanggal sebelum waktunya, karena itu banyak giginya yang berantakan. Jadi gigi susu punya peranan penting dan sebaiknya diperhatikan sejak masih anak-anak," jelasnya.

Kalau ingin berkunjung untuk berkunjung maupun merawat gigi di Siwak Dental Clinic, Anda bisa datang dari Senin sampai Sabtu dari pukul 15.00 sampai 22.00. Hari Minggu tutup tapi bisa tetap datang dengan perjanjian terlebih dulu.

Lanjutkan Membaca ↓