Sukses

Rilis Produk Makeup, YouTuber Ini Malah Tuai Kontroversi

Warganet mengkritik habis-habisan ketersediaan shade dalam produk makeup yang dirilis salah seorang YouTuber, kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Summer Mckeen adalah seorang vlogger dan YouTuber asal Amerika Serikat dengan lebih dari 2,3 juta subscriber yang belum lama ini merilis produk makeup. Langkah ini tak disangka malah membuat perempuan 20 tahun tersebut kena semprot warganet.

Usut punya usut, kontroversi dan kritik tajam terjadi, lantaran dalam pemasarannya, produk makeup sang YouTuber hmenawarkan hanya satu shade, di mana semata cocok dipakai konsumen dengan warna kulit terang seperti Summer.

Alhasil, bahasan rasisme pun deras dibicarakan di kolom komentar. Sebagai respons, Nudestix selaku beauty line yang bekerja sama dengan Summer mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen menyediakan beragam shade untuk warna kulit berbeda.

"Perlu digarisbawahi bahwa koleksi kolaborasi dengan Summer Mckeen hanya pilihan shade favorit Summer dan tekstur makeup secara personal," kata pihak Nudestix seperti dilansir dari Buzzfeed, Sabtu (8/6/2019).333333333

Mereka menambahkan bahwa produk Nudestix yang lain tersedia dalam beberapa shade untuk konsumen ragam usia dan etnis.

Produk makeup yang dikenalkan Summer sendiri terdiri atas empat produk, yakni bronzer stick, blush stick, highlighter, dan lip balm, disebut koleksi Summer Proof. Rangkaian makeup ini dibanderol 69 dolar Amerika atau setara Rp

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deskripsi Produk

Dalam sebuah video yang diunggah di akun YouTube-nya, beberapa waktu lalu, Summer Mckeen menjelaskan deskripsi produk makeup tersebut. Dalam keterangannya ia menyebut bahwa produk makeup ini bisa dipakai dengan berbagai kegunaan dan menghasilkan kesan tampilan natural.

Di situs Nudestix sendiri, produk ini dideskripsikan sebagai beauty item untuk semua perempuan di luar sana, di mana statement ini kemudian malah dibantah habis-habisan oleh warga dunia maya.

Rangkaian makeup ini juga dideskripsikan sangat mudah digunakan dan Summer sendiri terlibat langsung dalam proses pembuatannya. "Saya secara spesifik memilih setiap produk, termasuk details dan shade yang tersedia," tutur Summer.

"Produk ini tersedia dalam jumlah terbatas. Jadi, kalian bisa langsung klik link yang ada di kolom keterangan dan langsung bawa pulang Summer proof," tutup sang vlogger.

3 dari 3 halaman

Kritik Warganet

Setelah secara resmi dirilis, tak sedikit warga dunia maya yang menyuarakan keberatan.  "Serius? Perempuan ini sepertinya harus dikenalkan dengan keberagaman," tulis salah satu netizen.

Beberapa di antaranya juga menyarankan Summer untuk berhenti menghapus komentar negatif, baik di YouTube maupun akun media sosial lain. "Bisakah Anda berhenti menghapus komentar buruk di YouTube? Ini sangat mengecewakan seolah Anda tidak bisa menerima kritik dari orang lain," tulis salah seorang warganet.

"Promosikan makeup hanya untuk orang berkulit terang di 2019. Ia harusnya tahu lebih baik dan tidak ada alasan di balik kesalahan ini," sambung yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.