Rilis Produk Makeup, YouTuber Ini Malah Tuai Kontroversi

Oleh Asnida Riani pada 08 Jun 2019, 12:30 WIB
Basic Trik untuk Mengaplikasikan Makeup nan Rapi dan Flawless

Liputan6.com, Jakarta - Summer Mckeen adalah seorang vlogger dan YouTuber asal Amerika Serikat dengan lebih dari 2,3 juta subscriber yang belum lama ini merilis produk makeup. Langkah ini tak disangka malah membuat perempuan 20 tahun tersebut kena semprot warganet.

Usut punya usut, kontroversi dan kritik tajam terjadi, lantaran dalam pemasarannya, produk makeup sang YouTuber hmenawarkan hanya satu shade, di mana semata cocok dipakai konsumen dengan warna kulit terang seperti Summer.

Alhasil, bahasan rasisme pun deras dibicarakan di kolom komentar. Sebagai respons, Nudestix selaku beauty line yang bekerja sama dengan Summer mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen menyediakan beragam shade untuk warna kulit berbeda.

"Perlu digarisbawahi bahwa koleksi kolaborasi dengan Summer Mckeen hanya pilihan shade favorit Summer dan tekstur makeup secara personal," kata pihak Nudestix seperti dilansir dari Buzzfeed, Sabtu (8/6/2019).333333333

Mereka menambahkan bahwa produk Nudestix yang lain tersedia dalam beberapa shade untuk konsumen ragam usia dan etnis.

Produk makeup yang dikenalkan Summer sendiri terdiri atas empat produk, yakni bronzer stick, blush stick, highlighter, dan lip balm, disebut koleksi Summer Proof. Rangkaian makeup ini dibanderol 69 dolar Amerika atau setara Rp

2 of 4

Deskripsi Produk

Bibir kering
Ilustrasi bibir kering pakai lip balm (iStockphoto)

Dalam sebuah video yang diunggah di akun YouTube-nya, beberapa waktu lalu, Summer Mckeen menjelaskan deskripsi produk makeup tersebut. Dalam keterangannya ia menyebut bahwa produk makeup ini bisa dipakai dengan berbagai kegunaan dan menghasilkan kesan tampilan natural.

Di situs Nudestix sendiri, produk ini dideskripsikan sebagai beauty item untuk semua perempuan di luar sana, di mana statement ini kemudian malah dibantah habis-habisan oleh warga dunia maya.

Rangkaian makeup ini juga dideskripsikan sangat mudah digunakan dan Summer sendiri terlibat langsung dalam proses pembuatannya. "Saya secara spesifik memilih setiap produk, termasuk details dan shade yang tersedia," tutur Summer.

"Produk ini tersedia dalam jumlah terbatas. Jadi, kalian bisa langsung klik link yang ada di kolom keterangan dan langsung bawa pulang Summer proof," tutup sang vlogger.

3 of 4

Kritik Warganet

Ilustrasi Makeup (Foto: Annie Spratt on Unsplash)
Ilustrasi Makeup (Foto: Annie Spratt on Unsplash)

Setelah secara resmi dirilis, tak sedikit warga dunia maya yang menyuarakan keberatan.  "Serius? Perempuan ini sepertinya harus dikenalkan dengan keberagaman," tulis salah satu netizen.

Beberapa di antaranya juga menyarankan Summer untuk berhenti menghapus komentar negatif, baik di YouTube maupun akun media sosial lain. "Bisakah Anda berhenti menghapus komentar buruk di YouTube? Ini sangat mengecewakan seolah Anda tidak bisa menerima kritik dari orang lain," tulis salah seorang warganet.

"Promosikan makeup hanya untuk orang berkulit terang di 2019. Ia harusnya tahu lebih baik dan tidak ada alasan di balik kesalahan ini," sambung yang lain.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓