Sukses

2 Variasi Latihan Pembakar Lemak Lebaran yang Hanya Berdurasi 5 Menit

Meski berdurasi hanya lima menit, latihan pembakar lemak yang menumpuk saat lebaran ini bisa bermanfaat hingga 48 jam ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Usai makan enak saat lebaran, muncullah timbunan lemak. Itu berarti saatnya Anda membakar kalori dengan berolahraga.

Jangan khawatir, Anda bisa mulai dengan latihan berdurasi singkat. Hanya 5 menit saja untuk menyelesaikan satu sesi latihan.

Dikutip dari laman verywellfit.com, kreator program ANGT - America's Next Great Trainer, Rob Fletcher mengatakan, latihan simpel berdurasi 5 menit secara rutin dapat menciptakan perbedaan besar, terutama usai lebaran yang biasanya tubuh melebar.

Berapa kalori yang bisa terbakar selama latihan 5 menit itu? Itu tergantung seberapa berat Anda melakukannya. Fletcher menyebut 20 kalori per menit bisa terbakar dengan latihan intensitas tinggi berinterval.

Tapi, manfaat nyatanya datang setelah latihan dituntaskan. Pasalnya, latihan lima menit dapat membantu Anda membakar lemak seharian, bahkan efek pembakaran itu bisa bertahan hingga 48 tahun setelah latihan.

Dokter olahraga menyebut kondisi tersebut sebagai post-exercise oxygen consumption. Dalam artian sederhana, tubuh Anda mengonsumsi lebih banyak oksigen dan membakar lemak dan kalori pada jam-jam setelah latihan intens.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Variasi Olahraga

Fletcher menyusun dua variasi latihan singkat yang bisa dipraktikkan di rumah. Variasi pertama terdiri dari lima jenis latihan, meliputi lari di tempat, jumping jacks, burpees, push up, dan mountain climber.

Lakukan setiap jenis latihan selama satu menit tanpa henti. Beri jeda 15 detik antara setiap jenis latihan.

Sementara, variasi latihan kedua dilakukan berdasarkan repetisi, bukan waktu. Anda bisa memodifikasi bentuk latihan disesuaikan dengan kemampuan. Tetapi jika sudah semakin fit, Anda bisa tambahkan latihan.

Variasi latihan kedua terdiri dari empat jenis, yaitu jump lunges, jump squat, push up, dan bycicle crunhces. Lakukan 12 kali untuk setiap jenis latihan, ulangi set latihan sebanyak mungkin selama lima menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.