Tips Hangatkan Ketupat agar Tak Mudah Basi dan Berlendir

Oleh Asnida Riani pada 06 Jun 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:41 WIB
Makna Ketupat

Liputan6.com, Jakarta - Ketupat yang disajikan saat Lebaran biasanya tak akan habis dalam satu hari. Alhasil, sajian khas Hari Raya ini akan dihangatkan untuk kembali disajikan dengan lauk pilihan. Menghangatkan ketupat terbilang tricky.

Di samping harus disimpan dengan baik, ada beberapa cara yang bisa ditiru agar ketupat tidak berlendir dan, tentunya, tak mudah basi. Berikut ulasan lengkapnya seperti dirangkumkan Fimela.com.

Pertama, ketupat sebaiknya disimpan dalam posisi digantung. Ini akan membantu proses pengeringan ketupat dari air yang tersisa akibat proses memasak. Dengan berkurangnya air, ketupat tidak bakal mudah basi, serta berlendir.

Lalu, simpan di tempat yang kering dan hindarkan dari udara lembap. Ketiga, hindari menutup ketupat langsung dengan tudung saji. Ini hanya akan membuat ketupat jadi mudah berjamur dan basi.

Juga, ketupat bisa disimpan di dalam lemari es. Tapi, masukkan ke plastik dan tutup rapat lebih dulu. Kelima, menghangatkan kembali ketupat bukan dengan direbus melainkan dikukus.

Kemudian, gunakan dandang atau kukusan untuk memanaskan kembali ketupat. Ini juga akan menjaga aroma ketupat. (Ivana Okta/Fimela.com)

2 of 2

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓