Sukses

Menanti Kejutan dari Pantai Gusong Bugis di Festival Titik Temu Belitong

Pantai Gusong Bugis merupakan salah satu destinasi wisata baru di Belitong atau Belitung yang menyimpan kejutan bagi para wisatawan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah perhelatan berjudul Festival Titik Temu Belitong (TTB) bakal digelar di Pantai Gusong Bugis, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada 29-30 Juni 2019. Daerah wisata seluas 757 hektare itu akan disulap jadi tempat ramah milenial.

Di areal lahan konservasi yang dikelola oleh komunitas Hutan Kemasyarakatan binaan Kementerian Kehutanan tersebut dibangun berbagai titik-titik khusus bagi milenial untuk swafoto. Salah satunya adalah pembuatan replika kapal yang sekaligus bisa menjadi tempat pemberhentian dan restoran.

"Kapal ini kami buat sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa leluasa berfoto ria. Apalagi, akses menuju replika kapal tersebut menggunakan jembatan kayu seperti layaknya akses untuk tempat wisata hutan bakau atau mangrove," kata Marwandi, Ketua Komunitas HKM Seberang Bersatu, dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Selasa, 4 Juni 2019.

Marwandi mengatakan, puncak Festival Titik Temu akan berlangsung pada Minggu sore, 30 Juni 2019. Acara akan diisi dengan pertunjukan spektakuler tari kolosal yang melibatkan 200 penari bersamaan dengan suguhan matahari terbenam.

Sehari sebelumnya, pesta rakyat terlebih dulu dihelat. Berbagai stan yang melibatkan komunitas dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) akan menjajakan berbagai jenis kuliner khas Belitong dan suvenir. "Juga akan ada makan bareng dengan tradisi bedulang. Pokoknya seru banget," kata Marwandi.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemah Sewaan

Marwandi mengatakan, para milenial bisa datang lebih awal dengan menginap di pinggir pantai. "Kami akan siapkan sejumlah tenda kemah sewaan yang nyaman dan menikmati udara pagi di pinggir laut," kata Marwandi.

Pemerintah Kabupaten Belitung memanfaatkan sikap dan kebiasaan kaum mileneal yang kreatif serta menyukai tempat-tempat baru yang belum pernah dieskpos. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan, Pantai Gusong Bugis adalah tempat wisata baru dan belum masif diketahui oleh wisatawan.

"Untuk itu, tempat ini cocok untuk kaum milenial. Kami tahu zaman sekarang, kaum milenial suka petualangan bersama teman-teman mereka, apalagi memasuki masa liburan," kata Hermanto.

Bila Anda tertarik, tiket untuk menyaksikan Festival TTB 2019 sudah tersedia di Tiket.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.