Sukses

Tak Hanya di Indonesia Ketupat Lebaran Juga Ada di Malaysia

Seperti di Indonesia, kaum muslim Malaysia juga menyajikan ketupat saat lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini umat muslim di Indonesia dan di beberapa negara merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran 1440 H. Lebaran selalu jadi momen istimewa.

Berkumpul bersama keluarga besar sambil menikmati hidangan yang hanya ada satu kali dalam setahun. Makan ketupat saat lebaran sudah jadi tradisi turun-temurun di Indonesia.

Lauknya bisa bermacam-macam, mulai dari opor ayam, gulai sayur, semur daging, rending dan masih banyak lagi. Budaya makan bersama saat Idul Fitri ini ternyata juga dilakukan di negeri tetangga kita, Malaysia.

Tak hanya itu, menu makanan yang dihidangkan pun juga tak jauh berbeda dengan sajian Lebaran khas Indonesia. Makanan yang terbuat dari beras ini juga menjadi makanan khas warga Malaysia ketika hari raya atau lebaran tiba.

"Kalau lebaran pertama itu bisa makan ketupat," ucap Wakil Duta Besar Malaysia, Zamshari Shaharan, seperti dilansir dari Dream, Selasa, 4 Juni 2019..

Saksikan video pilihan di bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemiripan Indonesia-Malaysia

Sajian atau lauk pendampingnya juga sangat mirip. Ada rendang, ayam, sayur lodeh dan kuah kacang.

Untuk jenis ketupatnya, rupanya di Malaysia lebih beragam. "Ada ketupat nasi, ketupat ketan, nasi impit," ungkap Zamshari. Momen perayaan lebaran di Malaysia, menurutnya sangat mirip di Indonesia.

Setelah makan bersama dengan keluarga, barulah mengunjungi rumah kerabat untuk bersilaturahim dan bermaaf-maafan. Selain itu juga ada tradisi mudik lebaran seperti di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.