Sambut Lebaran, 5 Hal Ini Harus Dipersiapkan

Oleh Henry Hens pada 04 Jun 2019, 10:00 WIB
Ilustrasi keluarga menjalankan ibadah puasa (AP)

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran sudah di depan mata. Pemerintah Indonesia sudah menetapkan kalau Hari Raya Idul Fitri atau lebaran jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019 besok. Lalu apa saja yang sudah kita persiapkan?

Selain memaksimalkan dan makin meningkatkan ibadah di 10 hari terakhir Ramadan, kita juga bisa mempersiapkan beberapa hal penting untuk hari lebaran.

Mempersiapkan lebaran juga perlu dilakukan agar silaturahmi nanti bisa berjalan lebih baik.Persiapan lebaran ini bisa dimulai dari rumah kita.

Mulai dari bersih-bersih rumah dan menyiapkan kebutuhan lain untuk menyambut tamu. Dilansir dari Fimela, 2 Juni 2019, ada lima hal penting yang harus dipersipkan untuk lebaran.

Membersihkan Rumah

Jangan sampai rumah berdebu dan kotor saat lebaran. Karena itu, penting untuk menjadwalkan kegiatan khusus untuk membersihkan rumah. Mulai dari menyapu, mengepel, atau mungkin mengecat rumah.

Taplak dan tirai mungkin perlu dicuci. Menyambut tamu di rumah yang bersih pastinya akan memberi rasa nyaman tersendiri.

Menyiapkan Aneka Suguhan

Tak harus mewah atau berlebihan untuk menyiapkan suguhan. Secukupnya saja. Kita bisa menyiapkan beberapa stoples kue kering dan suguhan lainnya untuk tamu.

Kita bisa membuat sendiri atau beli yang sudah langsung jadi. Membuat tamu senang saat lebaran dengan suguhan yang menggugah selera pun jadi kebahagiaan sendiri untuk kita, bukan?

2 of 3

Mempersiapkan Salam Tempel

6 Tradisi Unik Jelang Lebaran di Indonesia
Ilustrasi THR. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Ada berapa jumlah keponakan, kerabat, dan anak-anak yang perlu kita beri "salam tempel"? Sudah menyiapkan amplop dan uangnya? Sebaiknya siapkan anggaran khusus dan taruh di amplop yang lucu untuk menyenangkan anak-anak.

Lebaran bisa jadi momen yang tepat untuk saling berbagi kebahagiaan dan bisa menambah keberkahan rezeki kita di masa yang akan datang.

Memastikan Jadwal Mudik dan Silaturahmi

Pastikan lagi jadwal dan persiapan mudik. Apakah tiket, barang bawaan, oleh-oleh, dan kebugaran tubuh sudahkah disiapkan dengan baik?

Lebaran kali ini mau silaturahmi ke siapa saja dan ke mana saja, coba diagendakan dari sekarang. Mungkin sudah ada jadwal dan agenda dengan teman, atur kembali agar niat untuk bersilaturahmi bisa berjalan baik.

Berkomitmen Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Persiapan yang satu ini juga penting. Kita juga perlu mempersiapkan diri membangun komitmen untuk menjadi pribadi yang lebih baik selepas lebaran.

Di hari-hari terakhir Ramadan, maksimalkan ibadah kita sebaik-baiknya. Perkuat doa dan harapan untuk hidup yang lebih baik dan penuh berkah ke depannya.  (Endah Wijayanti/Fimela.com)

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by