Sukses

Sambut Lebaran, Simak 5 Tips Ganti Warna Cat Rumah

Simak tips untuk mengganti warna cat rumah agar makin segar saat lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, biasanya kita ingin menampilkan yang terbaik. Tak hanya penampilan kita, tapi juga dengan tempat tinggal kita.

Salah satunya dengan mengganti warna dinding cat rumah bagian luar (eksterior). Dengan begitu, tamu dan kerabat yang mampir di tahun lalu, akan menemukan suasana yang berbeda saat mampir pada edisi Lebaran kali ini.

Kita sendiri sebagai penghuni rumah juga akan terasa lebih fresh dan tidak monoton dengan warna yang itu-itu saja. Berbeda dengan warna interior, cat dinding eksterior dapat mempengaruhi seluruh tampilan dan isi rumah. Bahkan bisa mengubah suasana akses jalan pada rumah.

Ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan mengingat warna yang senada dengan atap, furnitur, interior, dan lainnya. Dilansir dari JPNN dan Houzz, ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum mengubah cat eksterior rumah.

Pilih Warna

Cari warna senada dengan atap, ubin, dinding, jalan setapak, dan jalur masuk rumah. Cari juga warna senada dengan elemen itu apakah warna hangat seperti krem, khaki, cokelat dan putih atau warna dingin seperti (abu-abu, biru dan hijau). Pertimbangkan warna cat yang akan menyatukan beragam elemen secara harmonis.

Pertimbangkan Arsitektur Rumah

Jangan lupa untuk memperhatikan gaya dan arsitektur rumah. Apakah rumah Anda termasuk tipe minimalis atau bergaya Western?

Skema cat eksterior akan terasa sesuai dengan gaya. Kalau sebuah rumah bergaya klasik dicat oranye terang misalnya, tentu akan salah warna.

Saksikan video pilihan di bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertimbangkan Efek Visual

Sebaiknya eksplor lagi suasana rumah dengan jalan dan lanskap. Boleh saja memilih warna yang sedikit lebih terang atau lebih cerah disbanding rumah tetangga lain sehingga terlihat lebih menonjol.

Pilih Beberapa Warna Cat

Pada dasarnya, skema eksterior memiliki bagian seperti dinding, pintu, daun jendela serta pagar. Kalau ingin lebih simple, cobalah pilih warna monokromatik yang hanya menampilkan satu atau dua warna untuk tampilan modern.

Jangan ragu untuk tampil berani dengan aksen warna, tetapi juga jangan berlebihan. Sebuah pintu dicat merah terang atau kuning lemon bisa menambah aksen yang tepat.

Uji Coba

Beli satu liter cat dan ujilah pada area yang tidak terlalu menonjol di rumah. Pelajari dulu karakter cat tersebut sepanjang hari terutama di bawah cuaca panas dan hujan.

Apakah hasilnya memuaskan? Kalau memuaskan, maka teruskan untuk bagian lainnya. Rumah Anda pun akan terlihat beda dan makin menawan di hari lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.