Sukses

Makanan Khas Inggris Ini Jadi Favorit Ani Yudhoyono

Tak hanya kuliner Indonesia, mendiang Ani Yudhoyono juga menyukai makanan dari negara, salah satunya Inggris.

London - Semasa hidupnya, mendiang ibu Negara Ani Yudhoyono termasuk penggemar beragam kuliner. Tak hanya makanan khas Indonesia, tapi juga dari negara lain.

Salah satunya adalah makanan khas Inggris fish and chips, yang merupakan penganan wajib mereka. Fish and chips yang merupakan ikan goreng berbalut tepung dan dilengkapi dengan kentang goreng sebenarnya adalah makanan sederhana para pekerja Inggris. Makanan itu konon mulai diperkenalkan sekitar 1830.

Kegemaran ibu Ani itu diceritakan oleh staf KBRI Bern, Swiss M Budiman Wiriakusumah kepada Antara London, Sabtu, 1 Juni 2019.

Budiman pun berkisah ketika mengikuti kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri acara di Davos, saat tiba di ruang makan dan tersedia hidangan fish and chips.

"Saat melihat ada hidangan fish and chips, Ibu Ani pun berkata kepada Budiman,  tea“waaah ada fish and chips kalian kok tau ya kesukaan aku," ujar almarhum Bu Ani, dilansir dari Antara, 1 Juni 2019.

Ibu Ani meminta dibawakan dua porsi fish and chips ke dalam pesawat. "Mas Budi saya ingin membawa Fish and Chips ke dalam pesawat 2 porsi ya," ucap Ibu Ani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

30 Porsi

Mas Budi, panggilan akrab M Budiman Wiriakusumah dan telah menetap sekitar 30 tahun di kota Bern pun bergegas keluar kamar dan bertemu dengan beberapa pejabat,

"Ibu mau pesan apa Mas? Ini fish and chips," jawab Budi. Dengan spontan para pejabat itu pun minta dibelikan fish and chips. Mas Budi membutuhkan 30 porsi fish and chips untuk segera diberikan pada kru pesawat.

Setelah semua selesai segera kembali ke kamar dimana Ibu Ani sedang bersiap siap meninggalkan kamar dan untuk masuk ke pesawat. "Kamu kok enggak sia- siap? Loh kamu kan pulang bareng satu pesawat?" tanya ibu Ani kepada Budiman.

Sambil tersenyum ia mengatakan: "Terima kasih Bu .. Saya bertugas disini Bu ... bukan di Jakarta". "Ya Ampuuuun aku pikir kamu tuh tugas di Istana .. mukanya familiar,” ujar Ani Yudhoyono. Pengalaman itu tak akan pernah dilupakan oleh Budiman Wiriakusumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.