Sukses

5 Tips Puasa Tetap Lancar Ketika Mudik, Apa Saja?

Ingin puasa Anda tetap lancar bahkan saat perjalanan mudik? Yuk, simak lima tips di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam persiapan yang harus dilakukan untuk mudik. Salah satunya adalah persiapan fisik terutama ketika melakukan perjalanan panjang sembari puasa.

Walaupun bakal terasa lebih berat, tetapi terdapat beberapa tips yang dapat membuat puasa Anda tetap lancar meski tengah berada dalam perjalanan panjang. Apa saja tipsnya? Yuk, simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Jaga stamina

Jika telah direncanakan, ada baiknya untuk mempersiapkan stamina seminggu sebelum berangkat mudik. Anda dapat menghindari makanan, minuman, hingga kebiasaan yang dapat memicu penyakit Anda mudik tetap nyaman dan puasa lancar.

2. Jangan lewatkan sahur dan buka puasa

Kedua momen ini adalah kesempatan untuk mengisi stamina dan pastikan memberi asupan terbaik untuk tubuh. Sebut saja minum air putih dan makanan bergizi agar tenaga cukup.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pilih durasi perjalanan yang singkat

Mempersingkat waktu tempuh sangat direkomendasikan. Jika kampung halaman cukup jauh, ada baiknya memilih transportasi udara. Cara ini dapat menghemat waktu dan energi.

4. Perjalanan malam

Memilih perjalanan darat baik dengan kereta atau kendaraan pribadi perjalanan malam dapat menjadi pilihan. Anda dapat makan dan minum kala itu. Trik ini juga menghindari terik siang yang bisa membuat Anda kehilangan cairan tubuh.

5. Rehat di posko mudik

Ada deretan posko mudik yang menyediakan banyak fasilitas, baik dari hiburan, makanan, hingga layanan kesehatan. Anda dapat memanfaatkannya agar tidak bosan dan dapat mengusir lelah. (Fitri Andiani/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.