6 Rest Area Favorit Pemudik di Tol Trans Jawa

Oleh Putu Elmira pada 02 Jun 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 04 Jun 2019, 14:13 WIB
Macet Tol Cikampek

Liputan6.com, Jakarta - Pada musim libur lebaran, pemudik akan membanjiri tol dari ibu kota menuju banyak kota di Pulau Jawa. Rest area pun menjadi pilihan untuk melepas lelah, salat, makan, hingga mencari buah tangan.

Ramainya pengunjung di satu rest area dapat membuat penumpukan jalur masuk dan keluar. Bila penuh, imbasnya berupa pengalihan ke rest area selanjutnya. Fasilitas rest area yang bagus seringkali menjadi alasan untuk beristirahat. 

Berikut 6 rest area favorit pemudik yang bisa Anda hindari dirangkum dari berbagai sumber.

1. Rest Area KM 57, Tol Cikampek

Rest area ini merupakan tempat istirahat ketiga setelah masuk ke Tol Cikampek. Padatnya pemudik yang menyebabkan macet bisa membuat kelelahan maupun kehabisan bahan bakar di awal perjalanan.

Tempat istirahat ini menyediakan fasilitas seperti SPBU, masjid, toilet, restoran, dan parkiran. Parkiran yang luas menjadi alasan banyak pemudik masuk ke rest area ini.

2. Rest Area 97, Tol Cipularang

Rest area yang satu ini sudah tidak asing lagi. Tempat istirahat ini berada di KM 97 Tol Purbaleunyi yang mengarah ke Jakarta. Namun, untuk mudik lebaran kali ini akan diberlakukan sistem one way sehingga pemudik bisa masuk rest area ini.

Di dalamnya terdapat fasilitas yang lengkap seperti masjid, toilet, restoran, SPBU serta parkiran luas menjadi pertimbangan pemudik untuk beristirahat di rest area ini.

3. Rest Area KM 86B, Tol Cikopo-Palimanan

Rest area ini merupakan tempat peristirahatan pertama setelah masuk ke gerbang tol Cikampek Utama I. Tempat istirahat ini berada di jalur kanan sejak diberlakukan one way.

Banyaknya pemudik yang berlama-lama membuat banyak pemudik yang baru masuk kesulitan mencari parkiran. Rest area ini menjadi pilihan pemudik karena fasilitasnya yang lengkap.

2 of 3

4. Rest Area KM 102A, Tol Cikopo-Palimanan

Rest Area Km 86B Tol Cipali
Pemudik menikmati fasilitas food court di rest area km86B Tol Cipali, Kamis (30/5/2019). (Ika Defianti)

Tahun ini, pihak tol Cipali menambah kantung parkir di beberapa rest area. Salah satunya di Rest Area KM 102A yang dapat menampung kendaraan sebanyak 300 unit. Selain itu, lengkapnya fasilitas menjadi pilihan yang banyak dicari pemudik untuk beristirahat.

5. Rest Area KM 207A, Tol Palimanan-Kanci

Salah satu rest area di Tol Palikanci yang diprediksi padat ialah Rest Area KM 207 A. Tempat istirahat favorit pemudik ini lokasinya mengarah ke Brebes, Jawa Tengah. Walaupun diprediksi padat, pihak Jasa Marga akan membuat sistem zoning atau manajemen lalu lintas.

Akan ada jalur masing-masing untuk mengisi bensin, menuju toilet, atau tempat makan agar antrean tidak parah. Ketersediaan BBM pun terjamin. Rest area ini menyediakan lebih dari 2 juta liter BBM beragam jenis.

6. Rest Area KM 379A, Tol Batang-Semarang

Salah satu tempat istirahat mengarah ke Semarang yang banyak dikunjungi ialah Rest Area KM 379A. Terdapat berbagai fasilitas seperti SPBU, toilet, tempat makan, dan lainnya.

Meskipun rest area ini belum sepenuhnya dibangun, namun tetap banyak dikunjungi pemudik untuk melepas lelah. (Fairuz Fildzah)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓