6 Rest Area Unik Pelepas Lelah Saat Mudik Lebaran 2019

Oleh Putu Elmira pada 31 Mei 2019, 15:03 WIB
Diperbarui 02 Jun 2019, 11:13 WIB
Menyapa pagi di Lembah Asri D’Las, Serang, Karangreja, Purbalingga. (Foto: Liputan6.com/Dinkominfo Purbalingga/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Jakarta - Rest area atau tempat istirahat menjadi yang biasa dikunjungi untuk melepas lelah. Sekedar tidur sebentar, salat, makan, ke toliet, maupun mengisi bahan bakar.

Mengunjungi rest area juga bisa menjadi pengalaman yang mengasyikan. Tempat yang nyaman, pemandangan yang bagus, maupun makanan yang enak pun bisa membuat Anda betah di sana.

Perjalanan mudik ke kampung halaman tak lagi soal kemacetan, namun bisa menetap sebentar di berbagai daerah. Rest area menjadi pilihan pemudik untuk beristirahat sembari merasakan suasana kota dan juga kuliner di sana.

Berikut enam rest area unik menuju Jawa Tengah yang dirangkum oleh Liputan6.com.

1. Rest Area KM 97, Tol Cipularang

Rest area di jalan tol yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi. Tempat istirahat dari Bandung menuju Jakarta ini menyuguhkan wisata belanja oleh-oleh dan kuliner.

Sebanyak 60 unit kuliner terdapat di dalam pusat jajanan serba ada (Pujasera). Ditambah lagi restoran besar lainnya yang bisa Anda datangi di tengah kota.

Anda juga bisa mencoba berbagai makanan mulai dari fast food, makanan khas Bandung, hingga oleh-oleh lengkap ada di sana. Tak hanya fasilitasnya yang bagus, istirahat pun seakan datang ke tempat wisata.

2. Rest Area KM 260B, Tol Pejagan-Pemalang

Tempat istirahat yang satu ini sangatlah unik. Bangunannya merupakan bekas pabrik gula dari zaman penjajahan Belanda. Di dalam rest area unik ini terdapat akar pohon beringin yang menjulang ke atap, mesin pengolah gula kuno, serta lokomatif kereta pengangkut gula dari pabrik.

Bagunan rest area ini masih dipertahankan seperti aslinya. Bagunan besar dan luas dengan desain industrial yang dipadu dengan modern. Anda dapat beristirahat sambil menikmati makanan maupun berswafoto di sana. Terdapat oleh-oleh khas Brebes yang dijual seperti telur asin dan bawang goreng.

3. Rest Area KM 88, Tol Purbaleunyi

Di dalam rest area ini memiliki daya tarik berupa masjid yang sangat indah bernama Masjid Al Safar. Masjid yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ini terlihat sangat modern.

Desain bangunan ini asimetris dengan interior yang unik dan futuristik. Daya tampungnya mencapai 1.200 jemaah. Bagian luar masjid berwarna abu-abu, sedangkan bagian dalamnya warna putih dengan aksen warna emas.

Tak hanya nyaman beribadah, Anda pun bisa berswafoto untuk mengabadikan keindahan masjid di rest area ini. Apalagi bila Anda datang ke sana saat malam hari. Lampu warna-warni akan menambah keindahan masjid ini.

 

2 of 3

4. Rest Area Banjar Atas, Banjar

Persiapan Jalan Tol Trans Jawa Jelang Arus Mudik 2019
Penampakan rest area Tol Pejagan Km 260, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin (27/5/2019). Bangunan bekas pabrik gula ini dijadikan rest area dengan fasilitas pom bensin, kafe, rumah makan dan oleh-oleh khas Brebes. (Liputan6.com/Gholib)

Tempat peristirahatan ini menjadi favorit pemudik motor yang menuju Banyumas hingga Yogyakarta. Walaupun di pinggir jalan, rest area ini menyuguhkan tempat istirahat yang nyaman.

Deretan pohon mahoni menjulang tinggi membuat tempat ini terasa sangat teduh dan sejuk. Pemudik juga bisa menikmati makanan yang dijual di warung sambil menikmati jalanan Kota Banjar.

Bagi Anda yang mudik lewat jalur selatan Kota Banjar, rest area di pinggir jalanan ini berada di Jalan Brigjen M. Isa. Rest area ini menuju perbatasan ke Jawa Tengah.

5. Rest Area Lembah Asri Desa Serang, Purbalingga

Berada di jalur alternatif Banyumas-Pantura, rest area ini bisa jadi tempat istirahat sekaligus berwisata. Terdapat banyak wahana serta spot foto cantik yang dapat Anda nikmati di sana.

Terdapat wahana menarik seperti flying fox, high rope, ATV bike, hingga odong-odong. Anda juga bisa berkeliling dengan kuda untuk berkeliling di kebun teh. Ada pula hutan pinus, live music, serta pemandangan gunung dan sawah.

Malas berjalan jauh, Anda bisa berswafoto di Lorong Cinta. Anda akan disuguhi jalan setapak dengan bunga-bunga cantik untuk berfoto ria. Terdapat pula jajanan kuliner serta oleh-oleh khas Desa Serang yang dapat Anda nikmati.

6. Rest Area Kledung, Temanggung

Rest area ini berada di perbatasan Temanggung dan Wonosobo. Hawa sejuk dan dingin akan menyapa bila berhenti di rest area ini. Suguhan pemandangan hijaunya Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dengan awan yang mengelilinya menjadi daya tarik tempat ini.

Anda bisa melepas rasa lelah sambil menikmati keindahan alam Kledung sambil menikmati makanan yang dijual di warung. Anda juga bisa berfoto ria membelakangi gunung serta ikon tulisan Rest Area Kledung dan patung kuda lumping.

Berada di ketinggian 2000 mdpl, rest area ini dinobatkan menjadi salah satu rest area tercantik di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Raya Kledung Km. 18. (Fairuz Fildzah)

 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Lanjutkan Membaca ↓