Sukses

Program Menginap Gratis Bila Hujan Turun, di Manakah Itu?

Program menginap gratis bila hujan turun tersebut berlaku bagi para pengunjung yang menginap di hotel yang terdaftar.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah program terbaru diluncurkan di Elba, Italia, tempat yang terkenal karena menjadi lokasi pengasingan Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte. Di tempat itu, wisatawan bisa mengikuti program 'Elba No Rain' alias Elba Tanpa Hujan.

Meski tak ada teknologi yang bisa menjamin mencegah hujan bila Tuhan berkehendak, pihak hotel di pulau terpencil tersebut memberi kesempatan para tamunya bisa mendapatkan uang kembali bila hujan turun. Program tersebut hanya berlaku selama bulan Mei.

Dilansir dari laman CNN Travel, laman dinas pariwisata Elba menyebutkan, "Penginapan gratis untuk hari itu bila hujan turun lebih dari dua jam, antara pukul 10 pagi hingga 8 malam."

Untuk mendapatkan penawaran tersebut, para tamu harus tinggal di salah satu penginapan dan guesthouse yang terdaftar dalam program tersebut. Ada alasan kuat program jaminan uang kembali tersebut diluncurkan.

"Operator tur mengatakan kepada kami bahwa prakiraan cuaca yang menyebutkan hujan pada akhir pekan memicu penurunan pemesanan dan kehadiran lebih dari 20 persen," kata Claudio Della Lucia, koordinator wisata pulau.

Program inisiatif Elba No Rain, sambung dia, ingin memberikan jaminan nyata kepada para tamu bahwa di saat hujan sepanjang hari, yang sangat jarang terjadi, mereka bisa menikmati segala fasilitas di pulau tersebut. "Tanpa membayar satu Euro pun untuk akomodasi," ucap Claudio.

Ia menambahkan, program pada bulan Mei itu merupakan pilot project. Tetapi bila melihat banyaknya peserta yang mendaftar, mereka berencana menyelenggarakan program menginap gratis pada musim gugur mendatang.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spot Wisata Favorit

Bulan Mei terbilang landai untuk pariwisata di Elba, cuacanya cenderung lebih sejuk dan tidak sepadat saat musim panas. Elba merupakan destinasi wisata popular bagi warga Italia, yang kebanyakan datang pada bulan Agustus.

Elba berlokasi di lepas pantai Tuscany, salah satu tujuan wisata populer di sana, dekat Laut Ligurian, sebelah timur Corsica. Kebanyakan pengunjung tiba menggunakan feri dari kota pantai Piombino. Anda juga bisa naik pesawat kecil dari Milan, Florence, Pisa, dan kota-kota lain di Italia.

Apa spot terfavorit di sana? Pulau tersebut dikaruniai sejumlah pantai yang indah, tetapi yang paling berharga dikunjungi adalah Kediaman Napoleonic yang menjadi tempat sang kaisar tinggal selama di pengasingan dan mengeksplorasi sejarah pertambangan pulau itu serta reruntuhan kuno yang beberapa di antaranya telah ada sejak era Etruscan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.