Lebih Bernutrisi Mana, Tahu atau Tempe?

Oleh Putu Elmira pada 31 Mei 2019, 02:02 WIB
Diperbarui 02 Jun 2019, 01:13 WIB
Ilustrasi Tahu

Liputan6.com, Jakarta - Tahu dan tempe merupakan bahan makanan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Kedua bahan ini pun dapat diolah menjadi beragam sajian yang lezat dan menggugah selera.

Seperti yang diketahui, tempe berbahan utama biji kedelai, sedangkan tahu menggunakan susu kedelai kental. Tempe juga mempunyai rasa yang lebih kuat dari tahu.

Meski bertekstur padat, tempe lebih mudah menyerap rasa ketika dimasak dengan bumbu lain. Lalu, bagaiman dengan kandungan nutrisinya? Lebih banyak tahu atau tempe?

Fimela.com merangkum, tempe sangat tinggi protein namun rendah lemak dan bebas kolesterol. Tak hanya itu, tempe juga mengandung empat gram serat per porsi, berbeda dengan tahu yang hanya mengandung setengahnya, seperti dilansir dari PureWow.

2 of 3

Kandungan Nutrisi Tempe

Tempe
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Apa saja kandungan yang ada dalam tempe? seorang ahli gizi, Lindsey Pine pun menuturkan, sebagaimana melansir dari PureWow.

"Tempe mengandung lemak, zat besi, kalsium, niasin, dan omega-4 yang sehat karena terbuat dari kedelai fermentasi, ini mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan" kata Lindsey Pine.

Berdasarkan penuturan sang ahli gizi, bisa disimpulkan bahwa tempe mengandung lebih banyak nutrisi dibanding tahu.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓