Sukses

Waspada, 4 Makanan yang Bisa Mengganggu Tidur Anda

Ternyata, lima makanan ini berpotensi mengganggu tidur Anda. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tidur nyenyak tanpa gangguan tentunya menjadi keinginan dari banyak orang. Namun, ada beberapa faktor dalam gaya hidup yang ternyata dapat menghambat hal tersebut terjadi, satu di antaranya adalah makanan.

Tahukah Anda, kandungan pada makanan tertentu bisa menjadi gangguan untuk tidur Anda di malam hari. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan makanan yang akan disantap sebelum tidur.

Lantas, apa saja makanan yang bisa mengganggu tidur? Simak rangkuman selengkapnya seperti diungkapkan ahli gizi Karman Meyer dalam bukunya Eat to Sleep melansir dari Purewow, Kamis (30/5/2019) di bawah ini.

1. Cokelat Hitam

Tak hanya antioksidan, cokelat hitam juga mengandung kafein kata Karman. Semakin tinggi kandungan kakao dan semakin gelap cokelat, semakin banyak kafein yang dimilikinya.

Namun, tidak perlu melewatkan makanan penutup favorit sepenuhnya. Hindari menyantap cokelat hitam empat hingga lima jam sebelum Anda tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sup Kalengan

Dehidrasi dapat membuat mulut dan hidung Anda mengering sehingga ada kemungkinan Anda untuk mendengkur dan mengganggu tidur. Kondisi ini dapat menyebabkan kram otot.

Menghindari makanan tinggi sodium juga dapat mencegah dehidrasi. Itu berarti membatasi kecap, makanan beku, dan makanan olahan seperti sup kalengan, keripik, dan kacang asin. Coba mengisi pilihan makanan yang melembabkan seperti jeruk atau semangka.

3 dari 4 halaman

3. Saus Tomat

Pasta dengan saus tomat biasanya menjadi makanan favorit banyak orang, tetapi jika sering mengalami mulas di malam hari, itu bisa menjadi penyebabnya. Saus berbahan dasar tomat dan jeruk mengandung banyak asam yang dapat kembali ke kerongkongan saat perut mencoba mencernanya.

Tips untuk tetap dalam kondisi stabil dan dapat tidur nyenyak adalah simpan pasta dan saus tomat hanya untuk makan siang saja.

4 dari 4 halaman

4. Makanan Pedas

Anda ingin tidur nyenyak? Ada baiknya untuk membatasi makanan pedas pada malam hari. Mengapa? Makanan pedas dapat menyebabkan refluks asam yang sebenarnya bisa menjadi lebih buruk jika Anda berbaring tepat setelah menyantapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.