Sukses

4 Trik Jitu yang Wajib Diperhatikan agar Rempeyek Renyah

Bagaimana cara membuat rempeyek tetap renyah? Yuk, simak trik jitunya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Rempeyek merupakan kudapan yang memiliki tekstur renyah dengan rasa gurih. Selain jadi camilan, rempeyek biasanya juga sebagai makan pendamping. Menjelang lebaran, rempeyek kerap disajikan di momen penuh berkah tersebut.

Namun tahukah Anda, membuat rempeyek terbilang gampang-gampang susah, mengapa? Karena saat adonan yang dibuat dan digoreng tidak tepat, dapat membuat rempeyek memiliki tekstur yang lebih keras.

Lalu, apa saja trik jitu untuk membuat rempeyek yang renyah? Yuk, simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Pilih Bahan Berkualitas

Yang wajib diperhatikan adalah pemilihan bahan untuk membuat rempeyek. Pastikan bahannya berkualitas baik seperti tepung beras, sedikit tepung tapioka, kacang tanah atau udang rebon, ketumbar, irisan daun jeruk purut, garam, santan kelapa, bawang putih dan dapat menambahkan telur jika menyukainya.

2. Proses Penggorengan

Saat menggoreng rempeyek, gunakan api sedang. Lalu masukkan adonan ke wajan ketika minyak benar-benar panas. Tuangkan adonan dengan sendok sayur di tepi wajan tepatnya di atas batas minyak dan buat lebar.

Hindari pula menuang adonan dalam minyak langsung. Hal tersebut dapat membuat rempeyek menggumpal. Supaya matang merata, balik rempeyek saat bagian bawahnya sudah kering.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Proses Mencampur Bahan

Tak kalah penting adalah memastikan mencampur bahan dengan benar. Campur tepung dengan bumbu yang telah dihaluskan lalu tambahkan sedikit demi sedikit air hingga adonan cukup encer.

Kemudian, aduk semua bahan tambahkan irisan daun jeruk dan isian rempeyek yang terdiri atas kacang kedelai, udang rebon, atau kacang tanah.

4. Menyimpan Rempeyek

Setelah digoreng dan matang, ada baiknya menyimpan rempeyek hingga benar-benar tiris. Biarkan hingga dingin lalu simpan dalam toples atau wadah yang tertutup rapat.

Cara ini untuk membuatnya tahan lama dan bebas dari bau tengik. Jangan lupa untuk melapisi bawah toples dengan tisu agar minyak yang tersisa dapat meresap ke tisu dan rempeyek benar-benar tiris. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.