Sederet Aksi Vincent Raditya Berkolaborasi dengan Pesohor

Oleh Komarudin pada 29 Mei 2019, 20:00 WIB
Vincent Raditya dan Limbad

Liputan6.com, Jakarta - Vincent Raditya sosok yang dekat dengan para pesohor.  Popularitas itu juga yang membuatnya tampil di sejumlah acara. Kepiawaiannya sebagai pilot membuat banyak orang yang tertarik dan merasakan naik pesawat kecil.

Vincent mengunggah sejumlah video saat collabs dengan beberapa pesohor, salah satunya Master Limbad. Ia sengaja untuk mengajak Limbad terbang dengan pesawat kecil, bukan pesawat seperti biasa ia naik.

Lewat temannya, Limbad mengatakan tak suka dengan pesawat tersebut. Vincent membujuk Limbad dan mengatakan bahwa dirinya berusaha untuk memperkenalkan secara general dunia aviasi. Setelah diyakinkan, Limbad akhirnya setuju untuk naik pesawat, meski hanya untuk sebentar.

"Terbang sebentar aja ya, nggak lama-lama master Limbad masih nggak suka dengan pesawat ini," kata seorang temannya kepada Vincent Raditya.

Vincent Raditya mengunggah video lengkapnya bersama Limbad ke dalam YouTube pada 13 April 2019 . Hingga saat ini video tersebut sudah ditonton lebih dri 10,6 juta orang.

2 of 5

Nia Ramadhani

Vincent Raditya
Vincent Raditya bersama Nia Ramadhani (Dok.Instagram/@vincentraditya/https://www.instagram.com/p/BxEBmT1FSxj/Komarudin)

Selain Limbad, nama lain yang juga berkolaborasi dengan Vincent adalah Nia Ramadhani. Ia mengunggah video singkat tersebut dalam akun Instgram-nya pada 5 Mei 2019.

Nia sangat menikmati perjalanan dari Pondok Cabe, Tangerang Selatan, ke Mal Pondok Indah. Padahal, biasanya ia terbang dari Jakarta ke Bali. Vincent tertawa mendengar komentar Nia tersebut.

"Biasanya penerbangan dari Jakarta ke Bali. Ini gua dari PondokCabe ke Pondok Indah Mall, hey," ucap Nia.

Melalui akun Instagram pribadinya, Vincent memuji Nia yang dinilainya baik dan tak sombong.

"Banyak orang yang hebat tapi sombong, tp yg satu ini tidak. Patut di contoh buat semuanya, seorang sosok yang menginspirasi dan humble sekali. Sudah sukses semoga semakin sukses nia ūüôŹ," tulis Vincent Raditya.

3 of 5

Raditya Dika

Vincent Raditya
Vincent Raditya (Dok. Instagram/@vincentraditya/https://www.instagram.com/p/Bm9uOG2hxDG/Komarudin)

Selain itu, Vincent Raditya juga berkolaborasi dengan Raditya Dika. Video tersebut diunggah dalam YouTube pada awal Mei 2019 lalu.

Dalam video tersebut, Vincent sebagai pilot dan kopilotnya mendadak lemas dan tak sadarkan diri. Bersama seorang teman, Radit berusaha melandaskan pesawat yang mulai kehilangan kendali.

4 of 5

Terima dengan Ikhlas dan Lapang Dada

Vincent Raditya dan Raditya Dika
Vincent Raditya dan Raditya Dika (Dok.YouTube)

Aksi Vincent Raditya berkolaborasi dengan sejumlah pesohor ternyata mendapat sorotan publik, termasuk dari Kementerian Perhubungan hingga izin terbangnya dicabut. Ada tiga alasan pencabutan izin terbang Vincent itu.

Pertama, saat  mengoperasikan pesawat Cessna 172, Vincent  tak menggunakan tali pengikat bahu (shoulder harness). Sesuai ketentuan, pilot harus menggunakan shoulder harness, termasuk saat membawa penumpang duduk di samping pilot.

Kedua, Vincent memberikan kendali terbang pesawat Cessna 172, kepada orang yang tak berwenang, karena ia bukan pemegang otorisasi Flight Instructor.

Ketiga, saat mengoperasikan pesawat Cessna 172, Vincent dengan sengaja melakukan exercise G Force (zero gravity) kepada penumpang umum. Zero Gravity bukan manuver normal dalam penerbangan sipil, karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang.

Kabar izin terbang Vincent pun merebak. Vincent pun akhirnya angkat suara. Ia membenarkan peristiwa yang dialami.

"Bahwa benar lisensi terbang saya dicabut untuk yang single engine," kata Vincent, Senin, 27 Mei 2019. "Saya menerimanya dengan ikhlas dan lapang dada," ungkapnya.

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓