Penyesalan Penyanyi Memes Baru Khatamkan Alquran saat Usia Kepala 4

Oleh Dinny Mutiah pada 29 Mei 2019, 17:03 WIB
Diperbarui 29 Mei 2019, 17:03 WIB
Penyesalan Memes Baru Khatamkan Alquran saat Usia Kepala 4

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Memes mengungkapkan pengalamannya saat mengkhatamkan bacaan Alquran. Hal itu terjadi pertama kali saat menemani almarhum ibunda mengaji Alquran, pada 2008.

Setiap hari mengaji, ia bisa sampai dua juz. Tak heran bila dalam dua minggu ia bisa mengkhatamkan bacaan Alquran bersama ibunda. Perasaan Memes saat itu campur aduk, bahagia bercampur haru, bahkan ia sampai menangis berjemaah.

"Pengalaman pertama aku Khataman Quran pd th 2008 dg mamiku di pengajian, walau aku msh sebatas menyimak huruf2 tsb dg bimbingan Ustad yg suaranya merdu," tulis istri konduktor Addie MS itu dalam akun Instagramnya, @memes605, 25 Mei 2019.

Perempuan kelahiran 6 Mei 1965 itu mengaku menyesal karena baru bisa mengkhatamkan Alquran saat usianya sudah kepala 4. Terakhir kali mengaji adalah saat masih belajar. Kala itu, ia mengaku sulit sekali membaca lebih dari dua ain.

"Sampai akhirnya aku stop les ngaji sampai kls 6 sd sj & blm khataman Quran," ujarnya.

Tiga dekade kemudian, ia melihat sang ibu rajin membaca Alquran. Setiap Ramadan, ibunda Memes tak pernah absen mengaji dengan kelompoknya. Begitu pula saat sedang di rumah.

"Jujur sbnrnya sedikit menyesal, kenapaa y tdk dari dulu sj, aku melakukan itu, ya Allah betapa kurang bersyukurnya aku selama ini," tulisnya.

2 dari 3 halaman

Tips Konsisten Mengaji

Alquran
Ilustrasi mengaji (Liputan6.com/ Lady Nuzulul Barkah Farisco)

Setelah sang ibu meninggal dunia pada 2016, Memes berbincang dengan seorang teman. Teman itu pula yang menasihatinya untuk tak hanya mengaji saat bulan Ramadan saja.

"Bisa kamu lakukan juga setiap hari," ucap Memes meniru sang teman.

Justru, saat membaca Alquran setiap hari, khataman bisa lebih mudah. Memes pun dibagi tips untuk konsisten mengaji.

"Quran kan 30 juz berarti sekitar 300 an halaman, 1 thn 365 hari, km cicil saja 1 hari 1 halaman,selesai deh 1 thn, ohh yaya, bener juga ya," tulisnya.

Meski begitu, ia tidak menampik bila membaca Alquran saat Ramadan lebih utama dengan pahala berkali lipat. Sang teman juga menyarankan agar Memes dibimbing ustaz agar mengerti isi Quran dan tafsirnya.

"Jadi tdk ada kata terlambat, ayo kita mulai baca Quran yaa, bisa jg km baca via aplikasi Quran ada yg dg artinya, semoga bermanfaat yaa," ajak Memes.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓