Sukses

Apa Warna Paling Menenangkan dan Rileks untuk Dinding Rumah?

Salah satu cara bisa mengurangi rasa stres adalah dengan menentukan warna dinding rumah atau ruangan.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang rasanya pernah mengalami stress. Hal itu ternyata ada pengaruhnya dengan warna.

Dalam menjalani kehidupan, pasti seseorang akan mengalami masa stres yang melelahkan. Buntutnya, kita selalu berpikiran negatif dan merasa hidup ini tak menyenangkan. Karena itu, kita sesekali perlu piknik atau liburan agar tidak menumpuk stres berlebihan. 

Tetapi, tak setiap saat kita punya keleluasaan berhentik dari rutinitas. Ada cara lain yang bisa jadi resep mengurasi stres, yaitu dengan menentukan warna dinding rumah.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Sussex menemukan bahwa ada warna tertentu yang bisa menimbulkan efek relaksasi dan ketenangan.

Hal itu bisa melepaskan stres berlebih di dalam tubuh, dan warna itu adalah biru navy. Produsen pembuat kertas G.F. Smith di U.K bertanya pada 26 ribu partisipan dari 100 negara untuk mengetahui reaksi mereka terhadap warna tertentu.

Ternyata, warna biru adalah warna yang mambuat orang merasa tenang, kalem dan menurunkan denyut jantungnya secara perlahan menurut analisis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Relaksasi

Peneliti mencoba mencari alasannya, dan mereka memperkirakan bahwa warna biru gelap merupakan warna yang paling dekat dengan emosional yang tenang, mendinginkan dan memberikan kenyamanan.

Meski begitu, sebenarnya warna biru apa pun, bisa biru pastel, biru laut maupun biru langit yang pudar mampu memberikan efek relaksasi yang hampir sama.

Jadi, kalau ingin memberi relaksasi diri di rumah tanpa banyak membutuhkan hiburan, pilihlah dekorasi atau cat dinding rumah warna biru gelap,  (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.