Mudik Sekaligus Jalan-Jalan ke Destinasi Wisata di Jawa Timur

Oleh Henry Hens pada 29 Mei 2019, 09:01 WIB
Diperbarui 04 Jun 2019, 16:02 WIB
Gunung Bromo

Liputan6.com, Jakarta - Mudik menjadi momen yang paling ditunggu banyak orang Indonesia, momen disaat semua orang melakukan sebuah perjalanan panjang untuk pulang ke rumah.

Perjalanan berkendara bersama keluarga jadi kesempatan yang tepat mengajak keluarga ke destinasi baru untuk melihat budaya baru, merasakan menu baru dan menciptakan cerita baru yang tak terlupakan.

Pengalaman menarik pergi ke destinasi baru bisa Anda dapatkan di sepanjang tol Trans Jawa, sambil melepas lelah atau menunggu kemacetan.

Anda juga bisa mengajak keluarga rekreasi sejenak atau sekedar menikmati kuliner di setiap kota yang Anda lewati saat mudik.  Berikut empat destinasi wisata di Jawa Timur yang dilansir dari 'Buku Panduan Tol Trans Jawa' yang diterbitkan PT Jasa Marga.

Gunung Bromo

Gunung Bromo termasuk destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tempat ini bahkan dijuluki surga dunia yang terletak di Jawa Timur. Bromo menawarkan panorama alam, keindahan sunrise dan Pura ibadah yang menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara.

Ada beberapa alternatif pilihan menuju wisata Gunung Bromo di Jawa Timur, salah satunya melalui jalur penanjakan Pasuruan yang kini berjarak tak jauh dari pintu keluar tol Grati.

Kolam Pemandian Banyu Biru

Setelah seharian berkendara, kolam pemandian alam Banyubiru Pasuran, Jawa Timur, bisa jadi tujuan wisata yang wajib Anda kunjungi. Lokasinya tak jauh dari pintu gerbang tol Grati. Banyubiru menawarkan kesegaran yang hakiki sejak 1847 silam.

Air kolam berasal langsung dari sumber mata air, membuat pemandangan bawah airnya terlihat jernih dan biru. Selain itu, ada banyak ikan yang telah dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Anda bisa merasakan langsung sensasi berenang bareng ikan-ikan keramat yang ada didalam kolam.

2 of 4

Masjid Cheng Ho

Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho
Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho. (Liputan6.com/Ajang Nurdin)

Masjid Cheng ho di Pasuruan, memiliki gaya arsitektur unik yang menyatukan tiga budaya: Arab, China dan Jawa. Nama masjid diambil dari salah satu tokoh Islam yang berasal dari Tiongkok, Laksamana Cheng ho yang berhasil menyebarkan ajaran Islam ke Indonesia.

Selain bentuk bangunannya yang unik, Masjid ini terletak tak jauh dari gerbang tol Pasuruan. Masjid ini telah mengajarkan kita arti pentingnya toleransi dan sikap saling menghormati terhadap budaya yang ada di Indonesia.

3 of 4

Monumen Simpang Lima

Monumen Simpang Lima
Monumen Simpang Lima di Kediri, Jawa Timur. (dok.Instagram @slgkediri/https://www.instagram.com/p/7y69UJnNGZ/Henry

Belum pernah ke Paris buat foto langsung di depan Monumen Arc de Triomphe? Tak perlu khawatir, karena di Kediri punya Monumen Simpang Lima yang mirip dengan Arc de Triomphe.

Arsitek bangunan ini menjadi ikon kebanggaan kota Kediri yang banyak menarik wisatawan. Tak jauh dari gerbang tol Bandar, Anda bisa menikmati bangunan estetik mirip Arc de Triomphe di Kediri.

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by