Selama Ramadan, Kuil Sikh di Dubai Hidangkan Makanan bagi Umat Muslim

Oleh Komarudin pada 28 Mei 2019, 21:01 WIB
Diperbarui 28 Mei 2019, 21:17 WIB
Ilustrasi berbuka puasa

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang Ramadan 2019 terdapat berapa peristiwa yang menunjukkan harmonisme antarumat beragama. Salah satunya tentang sebuah kuil Sikh di Dubai yang membuka pintu untuk warga Muslim selama Bulan Suci.

Juga, seperti dilansir dari middleeastmonitor, Selasa (28/5/2019), menawarkan ruang untuk salat dan makanan gratis untuk buka puasa. Gurdwara merupakan tempat ibadah bagi penganut agama Sikh. Pimpinan gurdwara itu adalah Guru Nanak Darbar. 

"Ini adalah cara terbaik untuk menunjukkan pada dunia bahwa kita semua adalah satu. Apakah Anda Hindu, Muslim, atau Kristen, itu bukan masalah," kata Bubbles Kandhari, wakil ketua gurdwara, dikutip dari Reuters.

2 dari 3 halaman

Hidangkan Menu Buka Puasa Setiap Hari Selama Ramadan

Makan sahur - buka puasa (iStock)
Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)

Pada tahun-tahun sebelumnya, gurdwara sempat menawarkan hidangan buka puasa untuk warga Muslim pada satu hari selama bulan Ramadan. Namun, tahun ini, seiring dengan Pemerintah Uni Emirat Arab yang mencanangkan Tahun Toleransi, kuil itu menawarkan makanan untuk umat Muslim berbuka puasa setiap hari selama Ramadan.

Di antara warga Muslim yang datang untuk berbuka puasa bersama di kuil Sikh tersebut adalah Shuaib dan Akil, yang merupakan saudara sepupu. Keduanya adalah warga negara India yang tinggal di UEA.

Mereka membawa keluarga mereka untuk berbuka puasa di gurdwara setelah menonton video di media sosial. "Biasanya kami akan pergi ke masjid di dekat rumah kami untuk berbuka puasa setiap hari, tetapi itu hanya diperuntukkan bagi komunitas kami," kata Akil.

"Karenanya saya jadi sangat tertarik untuk melihat semua orang dari berbagai komunitas bisa berkumpul saat buka puasa. Saya sekaligus ingin menunjukkan hal ini pada anak-anak saya," tambahnya.

Di saat warga Sikh dan pengunjung lainnya makan makanan langar mereka di lantai pada satu sisi ruangan usai sesi ibadah, warga Muslim juga berbuka puasa bersama dengan makanan di atas meja di sisi lain ruangan, setelah menjalankan salat di ruang khusus di kuil itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Seniman Tekstil Ubah Sampah jadi Aksesoris Selama 5 Dekade