Sukses

Setelah 2 Abad Setop, Para Biarawan Belgia Hidupkan Kembali Pembuatan Bir

Para biarawan di Belgia dihidupkan kembali pembuatan bir usai istirahat selama 2 abad. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Para biarawan di biara Grimbergen di Belgia berada di ambang pembuatan bir kembali setelah istirahat lebih dari 2 abad atau 200 tahun.

Dikutip dari Reuters, Senin (27/5/2019), biara, yang lambangnya adalah burung phoenix dengan semboyan Latin "Ardet nec consumitur", yang berarti "Dibakar tetapi tidak dihancurkan", digeledah dan pabriknya dihancurkan pada 1795 oleh pasukan Prancis.

Tetapi tradisi pembuatan bir yang telah ada sejak abad ke-13 akan dihidupkan kembali dengan rencana untuk membangun tempat pembuatan bir baru di kompleks biara di Grimbergen, sebuah kota di utara Brussel.

Diharapkan untuk menghasilkan bir putih pertama pada akhir 2020.

“Bagi kami, penting untuk melihat warisan, tradisi para ayah untuk membuat bir karena selalu ada di sini,” kata Pastor Karel Stautemas kepada Reuters, sehari setelah dewan setempat menyetujui rencana pembuatan bir.

"Pembuatan bir dan kehidupan beragama selalu menyatu," kata Karel, salah satu dari 11 kanon Norbertine yang tinggal di biara.

Setelah kursus di Sekolah Pembuatan Bir Skandinavia di Kopenhagen dimulai tahun ini, ia akan menjadi satu dari lima hingga enam pekerja di tempat pembuatan bir baru.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biara Bir

Marc-Antoine Sochon, seorang ahli di Carlsberg yang akan menjadi proyek brewmaster, mengatakan fasilitas 10.000 hektoliter per tahun yang bertujuan untuk membuat versi edisi terbatas bir yang telah dibuat dalam skala komersial dengan nama Grimbergen.

Biara, yang didirikan pada 1128, telah dikaitkan dengan pembuat bir komersial sejak 1950-an ketika pembuat bir lokal Maes meminta para biarawan untuk menggunakan nama Grimbergen dan lambang pada "biara bir".

Sekitar 1,5 juta hektoliter merek itu sekarang diproduksi secara global, dengan unit Heineken Alken-Maes membuat dan menjualnya di Belgia, sementara Carlsberg membuatnya sebagian besar di Prancis untuk pasar lain. Biara mendapatakan royalti.

Proyek, yang akan dibiayai oleh Carlsberg, bertujuan untuk fokus pada penggunaan tanaman yang diproduksi secara lokal. Biara telah menanam hop di kebunnya. Selain itu akan ada pusat pengunjung.

Para biarawan Grimbergen akan mengikuti aturan pembuat bir Trappist Belgia, bahkan jika mereka bukan pesanan Trappist, mengharuskan mereka untuk membuat bir di dalam dinding biara, mengendalikan pembuatan bir dan mengarahkan keuntungan ke arah menjaga biara dan mendukung kegiatan amal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.