Sukses

Cerita Perempuan Kehilangan Ingatan 10 Tahun ke Belakang Setelah Buang Air Besar

Amnesia ini terjadi selama delapan jam setelah perempuan tersebut buang air besar, bagaimana bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, seorang perempuan asal Hong Kong tiba-tiba hilang ingatan sesaat setelah buang air besar. Menurut China Press yang dilansir Senin (27/5/2019), ingatannya selama 10 tahun ke belakang hilang begitu saja.

Atas kejadian tersebut, disebutkan bahwa perempuan yang tak disebutkan namanya itu sempat merasa kebingungan di dalam toilet sebelum memutuskan keluar. Melihat kondisinya, pihak keluarga langsung melarikannya ke rumah sakit.

Berdasarkan laporan China Times, amnesia yang dialami perempuan tersebut berlangsung selama delapan jam. Setelah diperiksa, fungsi otak dari perempuan tersebut diklaim normal dan tak menunjukkan tanda-tanda malfungsi.

Setelah sadar dari amnesia selama beberapa jam, ia tak ingat sama sekali bahwa ingatannya selama sepuluh tahun terakhir sempat hilang. Dokter pun menyampaikan sebab perempuan tersebut hilang ingatan setelah buang air besar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebab Amnesia Sementara

Pihak medis menjelaskan bahwa kejadian yang dialami perempuan tersebut disebabkan dorongan berlebih saat buang air besar. Hal ini membuat otak kehilangan banyak oksigen dan berujung pada amnesia sesaat.

China Times melaporkan bahwa orang cenderung emosional dan sering mengangkat benda besar juga memiliki risiko yang sama untuk terserang amnesia sementara dengan rentang waktu berbeda satu sama lain.

Tak hanya amnesia, kondisi ini juga sangat mungkin mengarah pada stroke. Karenanya, harus segera mendapatkan perawatan medis untuk tahu benar apa sebabnya dan dicari solusi untuk mengembalikan keseharan seperti sedia kala.

Juga, ketika sulit buang air besar dan merasa sudah sampai lemas, jangan paksakan keadaan tersebut. Lebih baik konsultasikan lebih dulu sebelum mencoba memecahkannya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.