Mudik Mewah Naik Kereta Sleeper Luxury 2, Apa Saja Fasilitasnya?

Oleh Dinny Mutiah pada 27 Mei 2019, 10:06 WIB
Diperbarui 27 Mei 2019, 10:16 WIB
Mudik Mewah Naik Kereta Sleeper Luxury 2, Apa Saja Fasilitasnya?

Liputan6.com, Jakarta - Kereta sleeper jenis baru, Luxury 2, yang diluncurkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjelang mudik 2019 resmi beroperasi pada Minggu, 26 Mei 2019. Kereta itu dirangkaikan pada KA Argo Lawu yang meluncur dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Solo Balapan.

Kereta Luxury 2 ini merupakan generasi terbaru kereta Luxury yang dirilis KAI pada 2018 lalu. Dalam satu gerbong, Kereta Luxury 2 berkapasitas 26 kursi, sedangkan Kereta Luxury generasi pertama hanya 18 tempat duduk.

Sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati penumpang Kereta Luxury 2 bak layanan di kelas bisnis pesawat terbang. Salah satunya adalah kursi yang dapat direbahkan hingga 140 derajat secara elektrik dan bisa diputar 180 derajat.

Pada kursi tersebut terdapat sandaran kaki elektrik, USB charging power source, foldable food tray, lampu baca, dan train attendance button untuk meminta bantuan petugas kereta api. Ada pula bantal, selimut, dan handuk wajah untuk kenyamanan penumpang.

Dalam sebuah Insta Story yang diunggah akun @wahyuadiar, layanan televisi yang terpasang di sandaran belakang kursi memuat berbagai tayangan layaknya di pesawat terbang. Anda bisa memilih hiburan yang tersedia, mulai dari game, film, dengan kaki terangkat karena pijakan kaki bisa diluruskan hingga 90 derajat.

"Nyaman, worth it banget sama harga sih menurut gue. Nyaman buat tidur," komentarnya pada Liputan6.com usai naik Kereta Luxury 2 dari Purwokerto ke Jakarta, Senin (27/5/2019). 

Tak hanya itu, penumpang juga disediakan makanan berat, minuman, dan makanan penutup selama perjalanan. Tambahan fasilitas lainnya adalah adanya minibar. Di minibar itu, penumpang bisa menikmati minuman dan snack sepuasnya (free flow).

KAI menugaskan seorang pramugari khusus pada Kereta Luxury 2 untuk melayani para penumpang, termasuk pada masa mudik. "Aku dari Purwokerto-Gambir Rp 750 ribu," sambungnya.

2 of 3

Rute dan Harga Promo

Mudik Mewah Naik Kereta Sleeper Luxury 2, Apa Saja Fasilitasnya?
Interior kereta sleeper KAI terbaru, Luxury 2. (dok. Insta Story @keretaapikita/@wahyuadiar/Dinny Mutiah)

Harga tiket untuk layanan eksklusif terbaru itu dibanderol mulai Rp 750 ribu. Namun, harga tersebut adalah harga promo yang berlaku untuk keberangkatan 26 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019.

Pemesanan dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Kereta kelas Luxury 2 ini dirangkaikan pada KA Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan pp), KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan pp), KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp), dan KA Gajayana (Gambir-Malang pp).

"Terkait dengan tarif promo Luxury Class 2 sebesar Rp 750 ribu ini hanya berlaku untuk rute Gambir sampai Jogja pada rangkaian KA Taksaka. Pesan tiketnya via web kai.id atau dari aplikasi KAI Access," tulis admin akun Instagram @kai121_.

Maka itu, Anda yang hendak memesan layanan ini untuk Agustus 2019 mendatang, masih belum bisa disebabkan akan ada penyesuaian harga baru.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓