Sukses

Kapan Waktu Favorit Belanja Online Saat Ramadan?

Waktu luang yang tersedia saat Ramadan cukup banyak, kapan mereka banyak berbelanja online?

Liputan6.com, Jakarta - Minat orang-orang untuk belanja online saat Ramadan meningkat signifikan. Banyak faktor yang mendorong peningkatan tersebut, di antaranya banyak waktu luang yang tersedia karena sedang berpuasa.

Tapi, kapankah waktu yang paling banyak dimanfaatkan untuk berbelanja online? Berdasarkan survei yang dilakoni Shopee dalam minggu pertama Ramadan, ternyata orang-orang banyak bertransaksi pada pukul 03.00-06.00 pagi.

Rezky Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia menyebut peningkatan belanja online pada saat Ramadan bisa mencapai tiga kali lipat dibandingkan hari biasa.

"Transaksi di pagi hari juga meningkat empat kali. Mulai dari jam 3 pagi hingga jam 6 pagi," kata dia dalam jumpa pers Shopee pada Selasa, 21 Mei 2019.

Rezky berpendapat, banyak orang memanfaatkan jam pagi untuk berbelanja online karena waktu luang yang tersedia. Setelah menu sahur siap dan ibadah ditunaikan, orang pun beralih ke gawai.

"Sekarang ini kan hampir tak bisa orang lepas dari gadget," katanya.

Tak hanya transaksi, jual beli, aktivitas lain di Shopee juga semakin banyak dimainkan pada pagi hari. Misalnya, goyang Shopee yang memungkinkan pemainnya mendapatkan koin untuk ditukarkan untuk belanja.

"Dimainkan tiga kali lebih banyak dibandingkan hari biasa," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Promo Ramadan

Peningkatan transaksi selama Ramadan ini sudah diprediksi Indef sejak awal tahun. Nailul Huda, peneliti Center of Innovation and Digital Economy Indef mengatakan Ramadan selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan para pelaku eCommerce untuk meningkatkan nilai transaksi.

"Tahun ini, Indef memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya berdasarkan pendapatan yang diterima masyarakat. Apalagi nanti, setelah terima THR," kata Huda.

Untuk itu, Shopee kembali menggelar Big Ramadan Sale yang berlangsung mulai 24 Mei 2019 dengan promo Pasti Lebih Besar. Anda bisa memperoleh gratis ongkos kirim tanpa minimum belanja mulai 23 Mei 2019, flash sale hingga delapan kali, dan diskon hingga 90 persen untuk produk pilihan.

"Berdasarkan survei kita pada minggu pertama Ramadan, fashion muslim, kecantikan, dan pakaian wanita adalah produk yang paling dicari. Apalagi kalau sudah dapat THR, pasti ada kenaikan lebih dari dua kali lipat dari hari biasa," ujar Rezky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.