Sukses

6 Manfaat Mengagumkan Stevia, Pengganti Gula yang Bisa Turunkan Berat Badan

Walau rendah kalori, ekstrak stevia bahkan bisa 200 hingga 300 kali lebih manis dari gula meja.

Liputan6.com, Jakarta - Stevia dikenal sebagai pemanis alami pengganti gula yang dikenal baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Walaupun rendah kalori, ekstrak stevia bahkan bisa 200 hingga 300 kali lebih manis dari gula meja.

Sebagai pemanis alami, stevia memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya baik untuk penderita tekanan darah tinggi, masih banyak manfaat lainnya bila Anda mengonsumsi pemanis alami ini. Berikut enam manfaat stevia yang Liputan6.com lansir dari Dr Health benefits, Selasa, 21 Mei 2019.

1. Antikanker

Ada banyak penelitian yang dilakukan untuk memberikan informasi mencegah maupun menyembuhkan kanker. Asupan buah dan sayuran yang kaya nutrisi dan antioksidan secara teratur dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stevia memiliki senyawa antioksidan seperti kaempferol, quercetin, asam caffeic, isoquercitrin, isisteviol, dan asam klorogenat. Salah satunya, kaempferol, dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas hingga 23 persen.

2. Kecantikan Kulit

Bila Anda ingin memiliki kulit yang cantik, cobalah mengonsumsi stevia secara teratur. Sifat antioksidan yang terkandung membantu menghilangkan keriput, noda kulit, dermatitis, eksim, jerawat, dan ruam.

Antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini dengan menghaluskan kerutan. Gunakan daun stevia dan minyak kelapa sebagai masker alami untuk kulit elastis dan cerah.

3. Membantu Turunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet, mengonsumsi makanan dan minuman kaya nustrisi sangatlah penting. Stevia merupakan pemanis pengganti gula yang tidak memiliki kalori. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang sedang program menurunkan berat badan. Anda bisa mencampurkan stevia ke dalam minuman, seperti teh dan kopi. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Mencegah Osteoporosis

Stevia dapat membantu Anda mencegah osteoporosis. Kandungan di dalamnya yang dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh sehingga dapat mencegah osteoporosis. Menambah stevia dalam kopi atau teh dua atau tiga kali sehari dapat memperkuat kepadatan tulang dan struktur tulang.

5. Mencegah Risiko Diabetes

Stevia sebagai pemanis alami sangat disarankan untuk penderita diabetes. Dengan mengonsumsi stevia secara teratur, dapat membantu menurunkan kadar gula darah hingga 18 persen karena kandungan steviosida atau senyawa rasa manis yang tinggi.

Kandungan di dalamnya dapat membantu mencegah risiko diabetes tipe II. Dengan mengonsumsi makanan mengandung steviosida dapat membantu produksi insulin yang memiliki peran untuk menurunkan kadar gula darah.

6. Kesehatan Rambut

Menambahkan ekstrak stevia ke dalam sampo yang Anda gunakan dapat membantu menghilangkan ketombe, kulit kepala kering, rambut kusam, kering, dan tipis. Penggunaan stevia setiap hari pada rambut dapat membantu memperkuat rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan membuatnya berkilau. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.