Sukses

4 Cara supaya Sup Ayam Tidak Amis, Apa Saja?

Bagaimana cara membuat agar sup ayam tidak amis? Yuk, simak rahasianya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sup ayam menjadi hidangan yang sangat tepat ketika cuaca dingin datan. Sajian ini akan terasa kian nikmat dengan paduan bumbu dan kaldu yang lezat. Namun bagaimana cara membuatnya agar tidak amis?

Jangan khawatir, bagi Anda yang ingin membuat sup ayam supaya tidak amis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja? Simak empat cara yang dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Cuci Bersih Daging Ayam

Cara paling utama adalah dengan menghilangkan semua kotoran yang ada pada daging ayam yakni dengan mencuci serta membilasnya hingga bersih di air mengalir.

Kemudian, campurkan dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan selama 30 menit dan kembali cuci bersih. Untuk menghilangkan bau amis, Anda juga dapat memakai larutan garam dapur, larutan cuka, larutan asam Jawa hingga parutan jahe.

2. Rebus dengan Air Dingin dan Api Kecil

Anda dapat mempersiapkan air dingin dan rebus ayam dengan api kecil. Api kecil yang digunakan, sari kaldu dapat keluar seutuhnya. Memang butuh waktu yang lebih lama, namun demi mendapat sup ayam lezat, tak ada salahnya mencoba cara ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Rebus 2 hingga 3 Kali

Saat air rebusan telah berubah warna, Anda dapat menggantinya dengan air yang baru dan bisa dilakukan 2-3 kali. Cara ini dapat menghilangkan bau amis pada air kaldu dan daging ayam dapat lebih empuk.

4. Buang Sisa Lemak dan Kotoran yang Mengapung

Pada air rebusan terakhir, buang kotoran atau lemak yang mengapung hingga yang masih menempel. Lalu, Anda bisa menambahkan aneka bumbu dan rempah seperti bawang merah, bawang putih, lada, jahe, ketumbar, gula, dan garam. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.