Sukses

6 Rempah yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Deretan rempah-rempah ini bias membantu Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia terkenal dengan kekayaan rempahnya. Bahkan pada zaman penjajahan, mengambil rempah merupakan salah satu tujuan utama dan hingga kini, rempah menjadi komoditi ekspor Indonesia.

Rempah memiliki sejuta manfaat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan. Selain digunakan sebagai bahan masakan dan di dunia kecantikan, ternyata rempah juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Anda dapat mengonsumsi rempah dalam jumlah tidak lebih dari satu sendok makan per hari atau 14 gram. Pastikan juga untuk menyantap makanan yang kaya nutrisi dan memiliki gaya hidup sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut Liputan6.com rangkum enam rempah yang dapat membantu menurunkan berat badan dilansir dari Health Line, Sabtu, 18 Mei 2019.

1. Jahe

Rempah ini sering digunakan sebagai obat tradisional maupun bumbu masakan. Beberapa penelitian menunjukkan jahe dapat membantu menurunkan berat badan. Jahe membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta pembakaran lemak. Rempah ini pun mampu mengurangi penyerapan lemak dan nafsu makan berkurang.

2. Gingseng

Gingseng memiliki manfaat untuk meingkatkan kesehatan tubuh. Rempah ini menjadi bahan utama dalam pengobatan tradisional di Tiongkok. Banyak penelitian menunjukkan bahwa gingseng dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, gingseng dapat menunda penyerapan lemak dan memodifikasi pembentukan lemak.

3. Kunyit

Rempah yang satu ini terkenal dengan warnanya yang cerah, aromanya yang khas, dan banyak digunakan untuk pengobatan. Selain digunakan untuk kesehatan, rempah ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian kepada 44 orang yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mengonsumsi sari kunyit dua kali sehari selama satu bulan efektif dalam mengurangi lemak sehingga menurunkan berat badan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Kayu Manis

Rempah aromatik yang satu ini berasal dari kulit pohon Cinnamomum. Kayu manis sangat kaya akan antioksidan. Penelitian juga menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan berat badan.

Rempah ini membantu menstabilkan kadar gula darah dan menurunkan kadar enzim pencernaan tertentu untuk memperlambat penguraian karbohidrat. Hal tersebut dapat membantu menurunkan nafsu makan dan rasa lapar.

5. Jinten

Rempah yang satu ini terkenal dengan rasanya yang pedas namun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jinten juga dipercaya membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak. Sebuah studi menunjukkan orang dewasa yang rutin mengonsumsi suplemen jinten tiga kali sehari bisa menurunkan hingga 1 kilogram.

6. Kapulaga

Rempah ini termasuk ke dalam keluaga jahe. Tak hanya dijadikan bumbu masakan, kapulaga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitan menunjukkan bahwa bubuk kapulaga membantu mengurangi lemak perut dalam diet tinggi lemak dan diet tinggi karbohidrat pada tikus. Penelitian ini masih terbatas pada hewan saja. Sayangnya masih kurang penelitian kapulaga terhadap manusia. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.