Tembus Pasar Amerika Serikat, Produk Kosmetik Indonesia Makin Mendunia

Oleh Liputan6.com pada 19 Jun 2019, 06:08 WIB
Makeup

Liputan6.com, Jakarta - Produk kosmetik Indonesia tak kalah dengan negara lain, termasuk dengan Amerika Serikat (AS). Hal itu terbukti dengan ekspansi beberapa produk ke berbagai negara.

Salah satunya adalah PT Mustika Ratu yang merupakan perusahaan produk kosmetik dan jamu kebanggaan Indonesia. Pada 2019 ini, mereka berhasil menembus dan memasarkan produknya ke AS, setelah sebelumnya memasuki pasar Kanada dan Asia Timur. Dalam waktu dekat Mustika Ratu akan segera memasuki pasar Asia dan Eropa.

Perusahaan yang konsisten menghadirkan beragam produk dari kearifan budaya Indonesia ini, berhasil merebut hati konsumen dari mancanegara. Hasil membanggakan yang dicapai Mustika Ratu ini menunjukkan kalau produk berbasis kearifan lokal sangat diterima di dunia internasional.

Salah satu keberhasilan ekspansi Mustika Ratu adalah distribusi produk minuman sehat Indonesia yang secara resmi masuk ke pasar pantai Barat Kanada pada 6 November 2018 lalu melalui distributor AFOD Ltd yang berlokasi di wilayah Delta, Provinsi BC.

Produk mereka yang dikirim ke Kanada adalah minuman Kokal (palm fruit/kaong), baik original dan less sugar, serta produk minuman sehat siap saji yaitu Red Ginger dan Red Ginger Turmeric.

Mustika Ratu melalui Taman Sari Spa Heritage, yang berlokasi di Whistler, melihat peluang yang besar untuk berbagai produk minuman sehat dan terjangkau bagi pasar domestik Kanada. Mereka berharap bisa menciptakan produk sehat dengan harga terjangkau, memenuhi kebutuhan konsumen dan sesuai selera pasar domestik khususnya wilayah Kanada.

Inisiatif dan usaha Mustika Ratu yang 45 tahun lalu didirikan Ibu Hj. BRA Mooryati Soedibyo ini, patut di apresiasi dan didukung segenap pihak. Dalam hal ini termasuk pemerintah untuk terus mengembangkan sayapnya di dunia internasional sebagai upaya nyata mendukung kejayaan kembali ekspor Indonesia.

2 of 2

Prestasi Membanggakan

Kosmetik Indonesia
Produk kosmetik Indonesia, Mustika Ratu, berhasil menembus pasar Amerika Serikat. foto: istimewa

Prestasi ini sangat membanggakan ditengah perang dagang yang sangat ketat dan kondisi penurunan ekspor Indonesia saat ini. Menurut perwakilan Mustika Ratu untuk wilayah Kanada dan Amerika, Julie W, Indonesia jangan terlalu mengkhawatirkan permasalahan perang dagang AS-China.

"Kita harus bisa melihat peluang dari perang dagang ini, agar perekonomian nasional bisa tetap stabil, walaupun menimbulkan gejolak, perang dagang juga memiliki peluang mendorong ekspor dan investasi ke Amerika Serikat," tuturnya.

Saat ini, produk Mustika Ratu juga sudah memasuki pemasaran di wilayah Las Vegas dan Chicago. Dengan permintaan pasar yang terus meningkat tentu saja mereka akan memperluas ke wilayah lainnya.

Keberhasilan ini tentu saja didukung oleh produk-produk Mustika Ratu yang sudah terbukti secara empiris dan klinis sangat bermanfaat untuk kesehatan. Trend ‘Back to Nature’ saat ini membuat produk mereka sangat diminati di Kanada dan AS.

Mustika Ratu selama bertahun-tahun selalu berhasil mendapatkan penghargaan Top Brand Awards dan Indonesia Best Brand. Hal itu menunjukkan potensi yang kuat bagi mereka untuk merambah pasar dunia. Tak hanya bekerjasama dalam hal promosi, mereka juga sedang mempersiapkan produknya untuk ikut dalam berbagai pameran yang ada di AS .

Untuk mendukung pemasaran, mereka juga terus melakukan kerjasama dengan distributor obat herbal dan produk kencantikan lokal yang ada di Amerika Serikat.

Lanjutkan Membaca ↓