Sukses

Mengenal Garam Masala, Racikan Bumbu Rempah Khas dari India

Garam masala banyak dipakai dalam berbagai masakan India agar rasanya menjadi lezat.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah menonton film komedi India berjudul Garam Masala? Film yang diperankan oleh Akshay Kumar tersebut mengambil nama dari racikan bumbu rempah khas Indi,  yaitu Garam Masala. 

Melansir dari berbagai sumber, dalam bahasa India, garam berarti panas dan masala berarti racikan rempah-rempah. Maksud 'panas' ini mengacu pada pengobatan Ayurweda dari India di mana garam masala bisa memanaskan tubuh. Rempah yang terkandang dalam garam masala akan mampu meningkatkan yang disebut 'api pencernaan' sehingga makanan mudah diproses.

Garam masala terbuat dari campuran lada (hitam/putih), cengkih, daun salam koja, cabe jawa, jintan hitam, jintan, kayu manis, kapulaga (hitam, cokelat, hijau), biji pala, fuli, dan bunga lawang. Semua rempah disangrai satu per satu hingga wangi, lalu semuanya dihaluskan dengan blender. Penggunaan bahan dalam bumbu ini di setiap daerah di Indian memiliki ciri khasnya masing-masing.

Garam masala menjadi bahan yang banyak dicampur ke dalam berbagai masakan India seperti bumbu penyedap. Bagi orang India, garam masala menjadi bumbu yang bisa membuat segala makanan menjadi lezat. Apalagi, kandungan rempah di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Garam Masala

Rempah yang terkandung dalam bumbu racikan ini sangat baik untuk kesehatan. Melansir dari Healing Plant Food, Jumat, 17 Mei 2019, mengonsumsi garam masala dapat membantu melancarkan pencernaan, mengandung antioksidan tinggi, menurunkan tekanan darah, kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, serta melawan diabetes.

Di India, bumbu ini mudah ditemukan di semua toko bumbu. Garam masala kini mulai banyak dikenal masyarakat Indonesia, bahkan mulai banyak orang yang menjualnya dalam kemasan.

Harganya pun beragam dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Bila ingin buat sendiri, cukup tempatkan di wadah seperti toples dan tutup rapat agar tahan lama.(Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.